Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto jadi  Inspektur Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, Sabtu (01/06/2024) di Balai Pengayoman Kantor Wilayah.

Dalam rilis yang diterima di Pangkalpinang, Sabtu, Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Yudian Wahyudi dalam sambutan tertulis yang dibacakan  Kakanwil Harun Sulianto  mengatakan Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 ini mengambil tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat.

Yudian mengatakan kita patut bersyukur, sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian negara.

“Di dalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional ‘Bhinneka Tunggal Ika’,” kata Yudian yang dibacakan Kakanwil Harun
 
Kepala BPIP Yudian dalam sambutannya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadiran dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Selain regulasi yang berlandaskan pada semangat dan jiwa Pancasila, kita juga perlu keteladanan yang tercermin dari etika, integritas, dan karakter para pemimpin dan rakyat Indonesia,” tuturnya.

Dengan semangat Pancasila yang kuat, Ia yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik.

“Semoga peringatan Hari Lahir Pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia,” harapnya.

Bertindak sebagai Perwira Upacara pada kesempatan ini yaitu Kepala Bidang HAM (Suherman) dan Komandan Upacara yaitu Kepala Subbidang Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara dan Keamanan (Andri Ferly).

Hadir mengikuti upacara yaitu, Kepala Divisi Administrasi (Dwi Harnanto), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kunrat Kasmiri), Kepala Bagian Program dan Humas (N.A Triandini Oscar), Kepala Bagian Program dan Humas (Sugeng Krisdwiyanto), Kepala Bidang Keamanan (Ridha Ansari), Kepala Bidang Zinfokin (Darori), serta Kepala Bidang Pelayanan Hukum dan HAM (Adi Riyanto).

Lalu hadir juga Kepala Bapas Pangkalpinang (Andriyas Dwi Pujoyanto), Kepala Rupbasan Pangkalpinang (M. Anwar), para Pejabat Struktural serta pegawai di Kantor Wilayah, Bapas Pangkalpinang dan Rupbasan Pangkalpinang.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024