Pejabat Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Haris mengajak masyarakat di daerah itu untuk mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Menjaga dan mengamalkan Pancasila penting dilakukan untuk mewujudkan Indonesia maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia," kata M Haris di Sungailiat, Sabtu.

Pancasila sebagai ideologi negara yang memuat nilai luhur yang merupakan wujud jati diri setiap masyarakat Indonesia. Nilai-nilai luhur Pancasila haruslah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari bagi semua kalangan.

"Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa kita tidak mengalami disorientasi di masa depan. Masifnya penggunaan smartphone dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dimanfaatkan secara bijak untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai Pancasila," katanya.

Peringatan hari lahir Pancasila 2024 yang mengusung tema "Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", mengandung maksud menyatukan masyarakat Indonesia dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa.

Nilai-nilai Pancasila mengajarkan masyarakat untuk menjunjung tinggi nilai ingklusivitas, toleransi dan gotong royong.

"Saya yakin, dengan diamalkan nilai - nilai Pancasila itu akan membentuk dan tertanam jiwa yang cinta Tanah Air," katanya.

Menurut M Haris,  Pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.

Meskipun upacara lahir Pancasila di halaman kantor Bupati Bangka diguyur hujan yang lebat, namun kegiatan upacara yang diikuti ratusan pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka tetap berjalan hikmat

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024