TNI Komando Distrik Militer (Kodim) 0432 Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dukung optimalisasi lahan sawah untuk mendukung ketahanan pangan nasional di daerah itu.

"Keterlibatan Kodim 0432 ini merupakan realisasi dari MoU antara Kementerian Pertanian dengan Mabes TNI terkait dengan optimalisasi lahan persawahan," kata Komandan Kodim, Letkol Arh Sebmy Setiawan di Toboali, Jumat.

Ia mengatakan, terkait dengan kerja sama itu, Kodim 0432 mendapat mandat untuk mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan dalam optimalisasi lahan sawah.

"Optimalisasi lahan sawah ini untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Untuk itu, diharapkan Dinas Pertanian dapat melakukan optimalisasi lahan sesuai dengan jadwal agar bisa optimal dan maksimal," ujarnya.

Plt Kepala Dinas Pertanian Pangan dan Perikanan Bangka Selatan, Risvandika mengatakan, optimalisasi lahan sawah ini bertujuan agar persawahan di Bangka Selatan dapat dimanfaatkan secara optimal dan maksimal. 

"Optimalisasi lahan sawah ini harus direncanakan dengan sebaik mungkin agar dapat dimanfaatkan dengan baik sehingga ketahanan pangan nasional dapat terwujud," ujarnya.

Ia mengatakan, optimalisasi lahan sawah di Bangka Selatan mencapai 6.601 hektare. Untuk itu, para tender atau ekatalok dapat menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan waktu, tempat dan spesifikasi yang telah ditetapkan.

"Kami berharap koordinasi di lapangan dalam optimalisasi lahan sawah ini dapat berjalan dengan baik, dengan dukungan dari TNI Kodim Bangka Selatan," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024