Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menilai kehadiran konten kreator di daerah itu sangat membantu promosi pariwisata Belitung sehingga menjadi lebih dikenal oleh masyarakat luas.

"Kami mengapresiasi sekali peran para konten kreator, vlogger, youtuber, influencer, tiktokers, maupun facebookers yang telah membuat konten pariwisata Belitung sehingga lebih dikenal oleh masyarakat luas," kata Kepala Diskominfo Belitung, Muhammad Iqbal di Tanjung Pandan, Sabtu.

Hal ini disampaikan oleh Kadiskominfo Belitung dalam acara Silaturahmi dan Diskusi Interaktif Bersama Pembuat Konten Positif (Penggiat Media Sosial) Se-Kabupaten Belitung dengan tema "Lebih Aktif Bikin Konten Positif".

Menurut dia, rencana kegiatan silaturahmi dan berkumpul bersama para konten kreator di Belitung sudah lama direncanakan, namun baru bisa terealisasikan pada kesempatan kali ini.

"Hari ini kami senang sekali bisa berkumpul dengan teman-teman konten kreator maka saya ucapkan selamat berdiskusi dan berbagi inspirasi antara sesama konten kreator  Belitung," ujarnya.

Ia mengatakan, para konten kreator telah berperan dalam membantu pemulihan kondisi pariwisata Belitung selepas dilanda badai pandemi COVID-19.

Disampaikan dia, melalui konten yang diproduksi baik mengenai destinasi wisata Belitung, hotel, rumah makan, kuliner, fesyen, UMKM, bahkan ekonomi kreatif telah berhasil menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Belitung.

"Tentunya para wisatawan sebelum ke Belitung mereka akan melihat konten-konten tentang Belitung terlebih dahulu," katanya. 

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini diharapkan akan terbangun hubungan yang kuat antara Diskominfo Belitung dengan para konten kreator lokal.

"Kalau dengan rekan-rekan media (pers) kami sudah memiliki hubungan namun kali ini kami ingin menjalin hubungan dengan rekan-rekan konten kreator. Tidak menutup kemungkinan ke depan mungkin akan ada gathering ke luar daerah, kita belajar dan bertemu dengan para youtuber nasional yang mana mereka sudah mendapatkan penghasilan yang lebih besar," ujarnya.

Selain itu pula, dirinya mengajak para konten kreator di daerah itu untuk terus memproduksi konten positif dan menyangkal (counter) konten-konten yang berbau negatif tentang Belitung khususnya di sektor pariwisata.

"Karena masih banyak ditemukan adanya konten negatif soal Belitung, maka sekali lagi kami mengapresiasi para konten kreator yang sudah membuat konten tentang pariwisata Belitung sehingga menjadi lebih berkembang. Ke depannya saya berharap teruslah membuat konten positif khususnya soal pariwisata Belitung," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024