Jajaran kepolisian Resor (Polres) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pengamanan pesta adat budaya Buang Junh atau Buang Patung di Desa Kumbung Kecamatan Lepar pada Selasa pagi pukul 09.30 WIB.

"Kami kerahkan personel Polsek Lepong untuk melakukan pengamanan pesta adat di Desa Kumbung," kata Kapolres Bangka Selatan, AKBP Trihanto Nugroho melalui Kasi Humas, Ipda GJ Budi.

Ia mengatakan, dalam pengamanan tersebut, sebanyak 24 personel dikerahkan yang terdiri dari 15 personel Polsek Lepong, TNI 4 personel dan Satpol PP 5 personel.

"Pengamanan yang dimulai dari pembukaan sampai dengan ritual adat dilanjutkan dengan penurunan Kapal Jung Kelaut berjalan dengan aman dan terkendali," ujarnya.

Ia mengatakan, Buang Patong merupakan sebuah tradisi masyarakat Desa Kumbung yang sangat sakral dan merupakan tradisi untuk keselamatan manusia terutama masyarakat suku laut yang sudah menjadi tradisi. 

Buang Jung dilakukan oleh rakyat daerah Suku Laut dengan cara membuang atau melepas perahu ke laut.
 
"Tradisi Buang Jung merupakan budaya yang diyakini oleh masyarakat Desa Kumbung untuk menghormati leluhur dan keluarga yang telah tiada, serta memohon keselamatan dan kesejahteraan saat melaut," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024