Sekretaris Daerah Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, MZ Hendra Caya mengatakan peringatan Hari Jadi Kota Tanjung Pandan (HJKT) ke-186 mengusung tema pemulihan pariwisata Belitung.

"Tema HJKT ke-186 adalah "Bangkit Berinovasi Mengembalikan Kejayaan Pariwisata Negeri Laskar Pelangi"," katanya di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, mengembalikan kejayaan pariwisata di "Negeri Laskar Pelangi" menjadi fokus utama peringatan HJKT ke-186.

Ia mengatakan, pasalnya dalam beberapa waktu terakhir pariwisata Belitung mengalami penurunan (resesi) salah satunya disebabkan faktor pandemi COVID-19.

"Sehingga pemulihan pariwisata ini tidak bisa hanya dilakukan oleh pemerintah sendiri saja melainkan harus bergandengan tangan," katanya.

Ia menambahkan, kemudian salah satu tantangan yang dihadapi para pelaku pariwisata adalah menurunnya jumlah frekuensi penerbangan dari dan ke daerah itu.

Hal ini berdampak terhadap berkurangnya jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

"Saat ini masih tersisa hanya empat sampai lima penerbangan dalam sehari," ujarnya.

Disampaikan dia, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Kementerian Perhubungan agar dapat menambah jumlah penerbangan dari dan ke Belitung guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu.

"Kami sudah sampaikan dan bertemu langsung dengan pihak Kemenhub agar dapat menambah jumlah penerbangan ke Belitung," katanya.

Dirinya mengkhawatirkan kondisi ini akan berdampak serius terhadap kondisi perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Saat ini sudah dilaporkan beberapa hotel yang juga sudah mengeluh namun syukurlah mereka sebagian hotel berbintang masih ada yang bertahan di tengah kondisi saat ini," ujarnya.

Oleh karena itu, lanjut dia, peringatan HJKT ke-186 adalah momentum untuk memulihkan dan mengembalikan kejayaan pariwisata di "Negeri Laskar Pelangi".

"Peringatan HJKT ke-186 ini adalah momentum untuk mengembalikan kejayaan pariwisata Belitung secara bersama-sama," katanya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024