Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan melakukan pengawasan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2024.

"Kami akan awasi dengan baik tahapan coklit data pemilih yang akan dilakukan oleh petugas pemuktahiran data pemilih (pantarlih)," kata Ketua Bawaslu Bangka Selatan Amri di Toboali, Rabu.

Ia mengatakan, coklit merupakan salah satu tahapan yang krusial dan penting karena berkaitan dengan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pilkada serentak.

Untuk itu, Pantarlih diminta untuk melakukan proses coklit secara door to door atau datang langsung rumah ke rumah agar tidak ada pemilih yang terlewatkan.

"Pastikan tidak ada pemilih yang mempunyai hak pilih yang terlewatkan sesuai dengan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4) yang diserahkan oleh KPU," ujarnya.

Amri mengatakan, sesuai dengan data yang disampaikan oleh KPU jumlah DP4 untuk Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Bangka Selatan sebanyak 150.730 jiwa.

"DP4 yang dikeluarkan ini akan dimuktahirkan terlebih dahulu oleh Pantarlih dengan mendatangi langsung pemilih," ujarnya.

Sebelum proses coklit dilakukan, Bawaslu Bangka Selatan mengingat kepada KPU dan jajarannya untuk memastikan pantarlih yang ditunjuk bebas dari partai politik.

"Rekrutmen pantarlih harus sesuai dengan aturan yang ada, bebas dari partai politik," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024