Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), memastikan seluruh jamaah haji asal daerah itu yang saat ini masih berada di Kota Suci Makkah dalam kondisi sehat.

"Saat ini semua jamaah haji atau lebih 300 orang dalam kondisi sehat setelah mengikuti melontar jumrah dan rangkaian rukun haji yang lain," kata Panitia Pemberangkatan Jamaah Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Gazali di Sungailiat, Kamis.

Sambil menunggu kepulangan ke Tanah Air, kata dia, jamaah haji saat ini sudah berada di Makkah melaksanakan ibadah Tawaf Wada atau tawaf perpisahan.

Tercatat jumlah jamaah haji asal Kabupaten Bangka yang berangkat ke Tanah Suci tahun 2024 mencapai lebih dari 300 orang.

"Jumlah jamaah haji itu diberangkatkan ke Makkah dibagi dalam dua Kelompok Terbang (Kloter) 04 dan 05 PLM," ucapnya. 

Diketahui pula selama musim haji 2024 sampai saat ini dua peserta haji asal Kabupaten Bangka meninggal dunia yakni Umiyana (40) asal Kecamatan Pemali, meninggal dunia di Rumah Sakit Siti Fatimah Palembang atau saat hendak diberangkatkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Palembang, Sumatera Selatan.

"Umiyana tergabung dalam Kloter 05 PLM berangkat bersama suami, meninggal dunia karena sakit dan jenazah dipulangkan di daerah asal," katanya.

Kemudian peserta haji atas nama Abdul Hamid Usman asal Kecamatan Merawang Bangka, yang tergabung dalam Kloter 04 PLM, meninggal dunia Sabtu 8 Juni 2024/2 Zulhijjah 1445 Hijriah pukul 23.00 WAS di RS Saudi Jerman Makkah.

Jenazah Abdul Hamid Usman dimakamkan di pemakaman Syuhada Al Harom Wilayah Assyaraya Makkah.

"Kami berharap semua jamaah haji pulang ke Tanah Air dengan selamat dan tempat waktu," harap Gazali.
 

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024