Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ajak awak media di daerah itu mengawal proses pemuktahiran data pemilih Pilkada serentak 2024.

"Saat ini Pilkada serentak memasuki tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih," kata Ketua KPU Bangka Selatan, Muhidin, Minggu.

Ia mengatakan, tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih akan dilakukan selama satu bulan yang akan di mulai pada Senin besok.

"Tahapan pemuktahiran data pemilih akan dimulai pada tanggal 24 Juni sampai 24 Juli 2024 yang akan dilakukan oleh petugas pemuktahiran data pemilih (pantarlih)," ujarnya.

Dalam proses tahapan pencocokan dan penelitian, KPU Bangka Selatan mengajak awak media untuk ikut mengawal proses tersebut agar berjalan dengan lancar.

"Kami sangat mengharapkan dukungan dari teman-teman media semua untuk ikut mengawal setiap tahapan Pilkada sampai dengan selesai," ujarnya.

Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Bangka Selatan Rahmad Nadi mengatakan, tahapan pencocokan dan penelitian data pemilih Pilkada serentak akan dilakukan oleh Pantarlih.

"Sebanyak 545 pantarlih akan melakukan pencocokan dan penelitian data pemilih Pilkada serentak 2024," katanya.

Dalam proses pencocokan dan penelitian data pemilih yang sudah dipetakan oleh KPU sesuai dengan daftar penduduk potensial pemilih pemilihan (DP4), Pantarlih akan datang langsung ke rumah-rumah.

"Kepada petugas pemuktahiran data pemilih untuk memastikan semua masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih terdaftar di dalam daftar pemilih," ujarnya.

Dirinya berharap agar tahapan pemuktahiran data pemilih dapat berjalan dengan lancar sehingga mendapatkan data pemilih yang berkualitas.

"Mari sama-sama mengawal proses demokrasi di Kabupaten Bangka Selatan ini agar berjalan dengan lancar dan sukses," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024