Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan pendampingan kepada para petani agar mampu memanfaatkan teknologi pertanian produktivitas lahan semakin maksimal.

"Sampai saat ini kami terus memberikan pelatihan dan pendampingan agar para petani mulai terbiasa dengan teknologi pertanian yang ada, selain itu kami juga memberikan bantuan alat dan sarana lain agar sektor pertanian semakin berkembang," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Jumat.

Menurut dia, bantuan alat dan mesin pertanian yang setiap tahun diberikan kepada para petani merupakan salah satu bentuk pendampingan kegiatan optimalisasi lahan pertanian rawa yang ada di daerah itu.

“Sudah waktunya kita melakukan olah pertanian dengan teknologi dengan tujuan efisiensi dan efektivitas agar produksi terus meningkat," ujarnya.

Dengan adanya bantuan kepada kelompok tani dan gabungan kelompok tani tersebut diharapkan para anggota semakin bersemangat dalam meningkatkan produksi berbagai tanaman pertanian.

Ia mengatakan pertanian yang dikelola secara tradisional atau manual masih dilakukan sebagian petani, namun secara bertahap akan mulai beralih ke pola tani modern dengan pemanfaatan teknologi yang ada.

"Mari kita buktikan petani-petani Bangka Barat adalah yang terbaik dalam hal pertanian, walaupun saat ini masih menggunakan pertanian secara manual, akan tetapi hasilnya tidak kalah dengan petani kabupaten lain di Babel," katanya.

Pada tahun ini, kata dia, Pemkab Bangka Barat telah menyalurkan bantuan alat dan mesin pertanian dari Kementerian Pertanian kepada sembilan kelompok tani di tiga kecamatan.

Selain itu, delapan kelompok tani di dua kecamatan juga mendapatkan bantuan sarana produksi melalui program peningkatan produksi buah dan florikultura dari Direktorat Buah dan Florikultura Kementerian Pertanian.

"Kami minta bantuan ini dimanfaatkan dengan baik dan maksimal sesuai peruntukan, jika tidak maka bantuan akan dialihkan ke kelompok lain yang membutuhkan," katanya.

Peran serta aktif warga petani sangat dibutuhkan untuk mendukung upaya pembangunan di Kabupaten Bangka Barat agar ke depan lebih baik.

Berbagai pola yang sudah dilaksanakan di sektor pertanian dan ketahanan pangan ini merupakan salah bentuk keseriusan pemerintah untuk memudahkan para petani mengolah lahan dan meningkatkan hasil produksi yang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan para petani.

Sektor pertanian merupakan salah satu prioritas pembangunan daerah, selain sektor kesehatan, pendidikan, infrastruktur, pariwisata dan lainnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024