UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berhasil membantu perkembangan usaha para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di daerah itu.

"Selama beberapa tahun terakhir banyak UMKM yang bisa kita bantu menyiapkan desain dan produksi kemasan, ini bentuk keseriusan kita dalam pemberdayaan masyarakat yang ingin menekuni usaha ini," kata Kepala UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Bangka Belitung, Alfatah Suriaan di Pangkalpinang, Selasa.

Keberhasilan kinerja yang dilakukan UPTD Rumah Promosi dan Kemasan Disperindag Babel ini bahkan menjadi contoh bagi daerah lain untuk pembentukan dan pengembangan unit pelaksana teknis di daerah lain.

"Hari ini kita kedatangan tim dari Dinas Koperasi, Perdagangan dan Tenaga Kerja Humbang Hasundutan untuk bersama-sama belajar pelayanan promosi dan kemasan di UPTD RPK Disperindag Babel," ujarnya.

Kedatangan tim Dinas Koperasi, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Humbang Hasundutan ini ingin belajar membentuk UPTD Rumah Kemasan di Humbang Hasundutan dan rencana peningkatan kualitas sumber daya manusia pendukung UPTD tersebut.

"Dari pertemuan ini kita rencanakan akan ada tindak lanjut kerja sama, salah satunya pelatihan sumber daya manusia pendukung agar UPTD memiliki pegawai yang mampu mendukung pelayanan yang dijalankan dengan baik," katanya.

Menurut dia, untuk membentuk UPTD Rumah Promosi dan Kemasan dibutuhkan para tenaga yang ahli di bidangnya agar mampu menyiapkan desain dan produksi kemasan dengan baik dan sesuai standar sesuai ketentuan yang dibutuhkan pasar.

"Kami terbuka bagi seluruh daerah untuk bekerja sama agar UMKM bisa semakin berkembang, maju dan mandiri," katanya.

Terkait dengan kedatangan tim Dinas Koperasi, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Humbang Hasundutan, pihaknya siap untuk melakukan kerja sama berikutnya.

"Kita berharap jika sudah ada UPTD di sana, maka akan tercipta kerja sama yang baik dengan kedua belah pihak," katanya.

Ketua tim kunjungan Dinas Koperasi, Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Humbang Hasundutan Nurlija Elita Pasaribu menyampaikan apresiasi kepada jajaran UPTD RPK Disperindag Babel yang telah menjelaskan profil dan latar belakang mendirikan UPTD Rumah Promosi dan Kemasan yang akan menjadi pertimbangan untuk membentuk UPTD yang sama di daerahnya.

"Kami butuh data dan informasi lainnya, misalnya pembinaan SDM untuk operator kemasan, pelatihan pegawai dan lainnya untuk pengembangan UPTD," katanya.

Selanjutnya, pihaknya akan mengirimkan beberapa orang pegawai untuk mengikuti pelatihan terkait sarana dan prasarana pendukung, operasional mesin dan pola pelayanan yang diberikan kepada para pelaku UMKM daerah.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024