Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bangka Belitung mematangkan persiapan untuk menggelar Operasi Patuh Menumbing 2024 yang akan digelar mulai 15 hingga 28 Juli 2024.

"Hari ini kita laksanakan latihan persiapan bersama seluruh Kepala Satuan Lalu Lintas Polres jajaran, kita berharap melalui persiapan ini pelaksanaan Operasi Patuh Menumbing 2024 berjalan lancar, sesuai target dan ketentuan yang berlaku," kata Direktur Lalu Lintas Polda Babel Kombes Pol Hendra Gunawan di Pangkalpinang, Rabu.

Menurut dia, latihan persiapan ini digelar untuk melihat kesiapan jajaran Lalu Lintas di Polda Babel sehingga operasi rutin tahunan tersebut mampu menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yang disertai dengan meningkatnya disiplin masyarakat guna mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas di daerah itu.

"Tujuan utama operasi ini tentunya untuk memberikan rasa aman bagi masyarakat, dengan melakukan berbagai upaya bagaimana masyarakat dapat tertib berlalu lintas dan taat terhadap peraturan undang-undang lalu lintas," katanya.

Menurut dia, ada beberapa hal yang dilakukan dalam penegakan hukum lalu lintas dengan mengedepankan 12 sasaran prioritas, antara lain melawan arus, menerobos lampu merah, penggunaan handphone saat berkendara, angkutan melebihi kapasitas dan angkutan melebih beban, serta melampaui batas kecepatan

Selanjutnya, pelanggaran kasat mata juga harus diberikan tindakan terutama yang mengakibatkan fatalitas terhadap kecelakaan lalu lintas sehingga menyebabkan meninggal dunia.

"Dari segi kemanusiaan kita harus memberikan rasa aman dan nyaman, titik fokus kita bagaimana dapat menertibkan masyarakat sesuai dengan tema tertib menjadikan Indonesia Emas sehingga berkurangnya angka fatalitas kecelakaan yang berdampak mengurangi inflasi dan kemiskinan," katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar bersama-sama dapat menjaga ketertiban dalam berlalu lintas yang menyebabkan kematian dan kemiskinan di masyarakat.

Dalam Operasi Patuh Menumbing 2024, Polda Babel akan menerjunkan sebanyak 343 personel dari Polda dan Polres Jajaran.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024