Sungailiat (Antara Babel) - Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendukung penuh penyebaran benih cumi-cumi di peraiaran laut Tuing oleh mahasiswa Universitas Bangka Belitung (UBB).

"Saya mendukung sepenuhnya pihak mahasiswa UBB yang melakukan kegiatan sosial penyebaran benih cumi-cumi sebanyak lebih kurang 100 ekor di peraiaran laut Tuing Kecamatan Riau Silip," kata pejabat DKP Kabupaten Bangka, Ibnu di Sungailiat, Rabu.

Dia mengatakan, meskipun jumlah benih cumi-cumi yang ditebar di laut itu belum banyak, namun dapat menjadi percontohan bagi kelompok masyarakat lainnya untuk penduli hal yang sama.

"Harga cumi-cumi yang siap jual harganya relatif mahal dapat mencapai rata-rata Rp30.000 lebih per kilogram," katanya.

Pihaknya mengajak kelompok masyarakat lainnya untuk penduli dengan kelestarian lingkungan laut guna kepentingan bersama.

"Produksi hasil tangkapan nelayan memberikan konstribusi besar peningkatan kesejahteraan masyarakat nelayan," katanya.

Menurutnya, sektor perikanan tangkap menjadi salah satu sektor unggulan yang ditetapkan pemerintah daerah karena diharapkan mampu mendukung peningkatan pembangunan.

"Saya imbau kepada seluruh nelayan disejumlah sentra produksi agar tetap bersemangat melakukan penangkapan dengan mengedepankan keselamatan di laut," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016