Program bantuan seragam dan perlengkapan sekolah gratis untuk pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berlanjut.

Bupati Bangka Selatan, Riza Herdavid di Toboali Rabu mengatakan, bantuan seragam dan perlengkapan sekolah gratis ini dilakukan untuk membantu meringankan beban orang tua dan memotivasi anak untuk semangat belajar dalam menimba ilmu.

"Program ini merupakan salah satu program prioritas untuk membantu masyarakat dan juga upaya untuk mewujudkan generasi yang berkualitas di Kabupaten Bangka Selatan," katanya.

Ia mengatakan, program ini telah berjalan sejak tahun 2021 dengan membagikan ribuan set seragam dan perlengkapan sekolah gratis untuk siswa SD dan SMP yang baru.

"Dengan adanya program ini, diharapkan dapat mengurangi angka putus sekolah. Karena saya tidak mau di Bangka Selatan ini ada anak putus sekolah dari SD sampai SMP," ujarnya.

Riza mengatakan, bantuan seragam dan perlengkapan sekolah gratis ini tidak hanya diberikan kepada siswa SD dan SMP di sekolah negeri saja, namun juga sekolah swasta.

"Untuk sekolah swasta harus mengajukan ke Dinas Pendidikan agar bisa terdata dengan baik dan benar, sehingga bantuan ini bisa tepat sasaran," ujarnya.

Dirinya berharap dengan adanya bantuan seragam dan perlengkapan sekolah gratis ini dapat memotivasi anak-anak untuk semangat belajar sehingga menjadi generasi penerus yang berkualitas di Kabupaten Bangka Selatan.

"Semoga dengan adanya bantuan seragam sekolah gratis ini dapat menambah semangat anak-anak untuk bersekolah dan program ini bisa dirasakan oleh masyarakat," ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bangka Selatan, Elfan Rulyadi mengatakan, sebanyak 8.050 set seragam dan perlengkapan sekolah disiapkan untuk disalurkan kepada siswa SD dan SMP di Kabupaten Bangka Selatan.

"Saat ini penyaluran bantuan seragam dan perlengkapan sekolah gratis sudah dilakukan, untuk tingkat SD sebanyak 4.600 set, dan SMP 3.450 set," ujarnya.

Ia mengatakan, penyaluran sudah selesai dilakukan di dua Kecamatan yakni Kecamatan Toboali dan juga Kecamatan Tukak Sadai.

"Untuk penyaluran bantuan seragam dan perlengkapan sekolah ini ditargetkan dalam minggu-minggu ini seluruhnya bisa selesai," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024