Sungailiat (Antara Babel) - Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Tarmizi Saat meminta dinas terkait untuk memperbanyak jumlah terumbu karang buatan di kawasan penangkapan ikan di daerah itu.

"Saya minta perbanyak jumlah terumbu karang buatan sebagai sarana bermainnya ikan-ikan di kawasan penangkapan," katanya bupati di Sungailiat, Kamis.   
    
Menurut dia, terumbu karang buatan itu nantinya akan ditempati ribuan plankton sekaligus menjadi arena bermain ikan. Terumbu karang buatan itu sendiri berbahan dasar semen dan pasir serta didesain sedemikian rupa mirip kubah atau stupa yang berlubang.

"Penanaman terumbu karang buatan diharapkan dapat membantu dan mempercepat pemulihan terumbu karang yang rusak dengan meningkatkan atau menambah proses alamiah dari kemampuan pemulihan karang," katanya.

Ditinjau dari aspek konservasi, kata dia, terumbu karang mempunyai fungsi memelihara proses-proses ekologis dan sistem penyangga kehidupan di wilayah pesisir, laut dan pulau-pulau kecil, sekaligus menjadi habitat berbagai jenis biota sehingga berfungsi sebagai pengawetan keanekaragaman hayati dan plasma nutfah.

"Keberadaan terumbu karang selain sebagai tempat bermainnya ikan juga sebagai benteng alamiah yang melindungi pantai dari bahaya erosi dan abrasi karena mampu meredam energi gelombang sebelum mencapai pantai," katanya.   
    
Menurut dia, ekosistem terumbu karang merupakan habitat berbagai biota laut bernilai ekonomis penting dalam menunjang perikanan tangkap.

"Secara langsung produktivitas penangkapan ikan di sekitar terumbu karang dan juga di laut lepas didukung oleh keberadaan ekosistem terumbu karang itu," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016