Toboali (Antara Babel) - Warga Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berharap pemerintah daerah setempat fokus mengembangkan sektor pariwisata guna meningkatkan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan baru.  
    
"Selama ini sektor pariwisata belum tergarap maksimal, bahkan banyak objek wisata tidak terurus," kata salah seorang warga Bangka Selatan, Rudi di Toboali, Kamis.

Ia menyebutkan banyak objek wisata yang terbengkalai seperti Benteng Toboali dan juga Pantai Toboali. Kemudian wisata bawah laut dan objek wisata pantai lainnya yang tidak kalah dengan objek wisata di daerah lainnya.

"Jika pariwisata ini berkembang dengan baik, maka banyak manfaat yang akan diperoleh masyarakat, misalnya pengembangan usaha makanan khas, kerajinan, penginapan dan menciptakan lapangan pekerjaan baru dan usaha lainnya," ujarnya.

Menurut dia selama ini pemerintah kabupaten hanya fokus melakukan kegiatan seremonial yang tidak membawa efek ekonomi bagi masyarakat dan terkesan menghamburkan anggaran.

"Selama ini belum ada terobosan yang dilakukan pemda dalam menjadikan pariwisata sebagai salah satu penunjang pendapatan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, padahal daerah ini memiliki potensi pariwisata yang besar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan," ujarnya.

Andi, warga Toboali lainnya mengatakan jika pemkab serius mengembangkan sektor pariwisata tentu objek-objek wisata tidak akan terbengkalai dan kunjungan wisatawan akan meningkat.

"Selama ini wisatawan lebih memilih Belitung untuk berwisata karena pemkabnya fokus mengembangkan dan mempromosikan potensi wisata ke tingkat nasional dan bahkan internasional," ujarnya.

Ia berharap pemkab segera mengubah pola pikir untuk memajukan daerah dengan segala potensi yang dimiliki.

"Segera berbenah, sudah saatnya kita bertindak dan jangan diam saja, karena kami merindukan adanya perubahan di sektor pariwisata untuk meningkatkan perekonomian daerah ini," ujarnya.

Pewarta: Juniardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016