Setiap tanggal 23 Juli Indonesia memperingati Hari Anak Nasional. Hari ini menjadi pengingat akan pentingnya peran anak sebagai generasi penerus bangsa yang unggul.
Melansir dari Pedoman Peringatan HAN ke-40 di tahun 2024 ini, tema utama yang diusung adalah "Anak Terlindungi, Indonesia Maju". Tema ini mempunyai makna mendalam yang menekankan betapa pentingnya menjaga dan memenuhi hak-hak anak untuk kemajuan masa depan bangsa Indonesia.

Dalam kegiatan peringatan Hari Anak Nasional, telah terkandung nilai-nilai dasar dalam penerapannya terhadap anak-anak Indonesia, yakni berakhlak mulia, bahagia, peduli, berani, dan cerdas.

Selain itu, dalam tema utama terdapat beberapa sub tema yang telah ditambahkan. Berikut adalah sub tema Hari Anak Nasional 2024.

1. Anak cerdas, berinternet sehat

Berupaya agar anak Indonesia mampu membedakan hal mana yang baik dan buruk, serta hal yang boleh dan tidak boleh ditiru. Selain itu, upaya menghindari segala dampak negatif yang mungkin timbul dari penggunaan teknologi informasi dan komunikasi serta pengaruh media digital lainnya.

2. Suara anak membangun bangsa

Memberikan kesempatan terhadap anak-anak untuk menyampaikan ide-ide mereka sehingga kebutuhan atas perlindungan dan hak-hak dapat dipenuhi dengan cara yang paling sesuai dengan kepentingan anak.

3. Pancasila di hati anak Indonesia

Dalam era globalisasi serta pengaruh negatifnya, dapat membahayakan keadaan dan cara pandang generasi anak Indonesia. Sehingga nilai-nilai Pancasila perlu ditanamkan dan diterapkan dalam kehidupan masyarakat sehari-hari terhadap anak-anak.

4Dare to lead and speak up: Anak pelopor dan pelapor

Memupuk keberanian dan jiwa kepemimpinan anak Indonesia agar dapat membela hak-haknya dan berperan sebagai pelapor ketika terjadi pelanggaran hak anak. Sehingga dapat mendidik anak-anak terkait tanggung jawab sebagai agen perubahan sosial.

5. Pengasuhan layak untuk anak: Digital parenting

Peningkatan kesadaran orang tua dan pengasuh terkait pola asuh yang memberikan dampak positif dalam pertumbuhan anak-anak di era digital. Upaya yang dilakukan dengan pemberian edukasi terhadap orang tua terkait cara mengawasi penggunaan teknologi, melindungi anak dari pengaruh buruk, dan pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan ikatan keluarga.

6. Anak merdeka dari kekerasan, perkawinan anak, pekerja anak dan stunting

Menciptakan lingkungan anak yang terbebas kekerasan, perkawinan anak, pekerja anak dan stunting. Hal ini untuk memastikan terpenuhinya hak-hak, pertumbuhan sehat dan perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan eksploitasi anak.

Makna logo Hari Anak Nasional 2024

1. Tiga anak yang memegang bendera merah putih


Setiap anak termasuk anak disabilitas memiliki impian yang dapat diraih dengan doa, semangat dan dukungan keluarga. Anak sebagai generasi penerus bangsa, perlu didukung dan dilindungi, agar tumbuh sebagai manusia dewasa yang berjiwa Pancasila di bawah naungan Sang Saka Merah Putih.

2. Warna merah dan putih

Menjadi kebersamaan dan nasionalisme anak-anak Indonesia untuk tetapi kreatif dan bersemangat tetap saling mendukung dalam melewati masa sulit.

3. Garis berwarna abu-abu

Situasi perubahan kebutuhan pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak sesuai potensi dan tingkat kerentanan anak yang tetap harus diupayakan pemenuhan hak dan perlindungannya.

Pewarta: Putri Atika Chairulia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024