Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berkomitmen untuk memenuhi hak dan perlindungan anak yang ada di daerah itu.

"Dimomen peringatan Hari Anak Nasional ini, kami berkomitmen untuk memenuhi hak dan perlindungan anak," kata Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi di Toboali, Rabu.

Upaya pemenuhan hak-hak anak sampai dengan saat ini diterapkan dalam beberapa dimensi seperti kesehatan, pendidikan, lingkungan keluarga, ruang kreasi, perlindungan dan aspek lainnya.

"Anak-anak di Bangka Selatan harus memperoleh haknya untuk tumbuh dan berkembang dengan baik dan maksimal, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi," ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah kabupaten Bangka Selatan terus menerus melakukan sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap anak ke sekolah-sekolah.

"Pemerintah melalui Dinas sosial pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak aktif melakukan pendampingan kepada anak yang mengalami kekerasan," ujarnya.

Debby mengajak seluruh elemen, baik dari mulai pengambil kebijakan, stakeholder terkait, maupun masyarakat untuk meningkatkan kesadaran, kepedulian dan partisipasi semua dalam menjamin pemenuhan hak-hak anak.

"Mari kita bersama-sama memenuhi hak dan perlindungan anak, agar mereka menjadi generasi yang cemerlang di masa depan," ujarnya.

Ia menambahkan dalam meningkatkan kemampuan anak, pemerintah kabupaten Bangka Selatan memfasilitasi kelembagaan forum anak daerah.

"Kami selalu mendukung dan memfasilitasi kegiatan peningkatan kapasitas forum anak daerah (FAD) dan Peringatan Hari Anak Nasional," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024