Koba (Antara Babel) - Ketua DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Algafry Rahman mendukung gagasan DPR RI membangun sekolah parlemen untuk meningkatkan kualitas para legislator.

"Itu gagasan yang cukup bagus, sepanjang itu baik tentu kami sangat setuju untuk menambah pengetahuan para legislator terkait tugas dan fungsinya," katanya di Koba, Sabtu.

Algafry alias Ayi ini mengatakan itu menyikapi adanya gagasan dari Ketua DPR RI, Ade Komarudin untuk membentuk sekolah parlemen menyikapi banyaknya keluhan masyarakat tentang kualitas intelektual wakil rakyat itu.

"Memang ada benarnya apa yang dikatakan Ade Komarudin alias Akom terkait kualitas anggota dewan, maka saya secara pribadi setuju saja dibangun sekolah parlemen," ujar dia.

Namun demikian, kata dia, jika gagasan tersebut direalisasikan maka mekanismenya dan aturan mainnya harus jelas serta disampaikan secara terinci ke DPRD provinsi/kabupaten/kota.

"Kalau sekolah parlemen ini diadakan, mekanismenya seperti apa nanti. Apakah legislator itu seperti orang sekolah atau kuliah atau ada pertemuan khusus dengan materi penambahan wawasan intelektual," ujarnya.

Kemudian kata dia, untuk di daerah model sekolah parlemen itu seperti apa dan ini harus jelas duduk persoalannya sehingga benar-benar bisa diterapkan.

"Sekolah parlemen itu menurut saya lebih tepat sebagai lembaga untuk meningkatkan kompetensi legislator saja, sehingga mereka benar-benar paham tugas dan fungsi parlemen dan legislasi," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016