DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyerahkan surat keputusan kepada Isyak Meirobie untuk maju di Pilkada Belitung 2024.

"Hari ini Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep menyerahkan secara langsung Surat Keputusan (SK) kepada Isyak Meirobie untuk maju sebagai bakal calon bupati di Pilkada Belitung 2024," kata Ketua DPD PSI Belitung, Indra Setiawan ketika dihubungi ANTARA di Tanjung Pandan, Senin.

Menurut dia, Isyak Meirobie merupakan Wakil Bupati Belitung periode 2018-2023 berpasangan dengan Sahani Saleh.

Ia mengatakan, selain itu, Isyak Meirobie juga telah mengikuti proses penjaringan bakal calon kepala daerah untuk Pilkada 2024 yang telah dibuka oleh PSI Belitung.

"Ada sejumlah calon yang mengikuti penjaringan di DPD PSI Belitung salah satunya adalah Isyak Meirobie," ujarnya.

Baca juga: Adik kandung Antasari Azhar batal ikut Pilkada Belitung 2024

Disampaikan Indra, pihaknya menyodorkan empat nama ke DPP PSI untuk mendapatkan rekomendasi yang akan diusung maju di Pilkada Belitung 2024 setelah melalui proses penjaringan dan survei elektabilitas oleh internal partai.

Menurut dia, empat nama tersebut terdiri dari dua nama bakal calon kepala daerah dan dua nama bakal calon wakil kepala daerah di Pilkada Belitung 2024.

Ia menyebutkan, total ada sebanyak 15 orang yang mengikuti penjaringan bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Pilkada 2024 yang dibuka oleh PSI Belitung.

"Dari 15 orang tersebut 11 orang diantaranya mengembalikan formulir dan empat orang tidak mengembalikan formulir," katanya.

Selanjutnya DPD PSI Belitung melakukan survei persepsi pemilih kepada masyarakat terhadap nama-nama yang berhasil dijaring tersebut.

"Hasilnya mengerucut menjadi empat nama kuat, baik untuk sebagai posisi bakal calon kepala daerah maupun bakal calon wakil kepala daerah di Pilkada 2024 nanti," ujarnya.

Indra menambahkan, setelah melewati proses yang cukup panjang, akhirnya DPP PSI memutuskan Isyak Meirobie untuk maju di Pilkada Belitung 2024.

"Pertimbangannya adalah hasil survei Isyak Meirobie yang cukup tinggi dan sosoknya yang satu visi atau sejalan dengan PSI yakni berjiwa muda, cerdas, dan visioner," katanya.

Setelah ini, PSI Belitung akan terus membangun komunikasi politik dengan partai politik lain guna membangun koalisi pencalonan di Pilkada Belitung 2024.

"Kami akan terus membangun koalisi pencalonan sehingga tercukupi syarat pencalonan nanti yakni sebanyak lima kursi," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024