Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pangkalpinang Provinsi Bangka Belitung (Babel), akan menertibkan terminal bayangan untuk mencegah kemacetan lalu lintas selama arus mudik Lebaran Idul Fitri 1434 Hijriyah.


"Terminal bayangan ini akan menimbulkan kemacetan, kecelakaan lalu lintas dan tindak kriminal lainnya," kata Kabid Perhubungan Darat Dishub Kota Pangkalpinang, Syakhron Harahap di Pangkalpinang, Jumat.


Ia menjelaskan, berdasarkan pantauan, terminal bayangan yang akan ditertibkan yaitu terminal bayangan di Jalan Mentok yaitu mulai depan lampu merah sampai perbatasan Desa Kace, terminal bayangan di Jalan Selan, terminal bayangan di Depan Rumah Sakit Umum Kota Pangkalpinang, terminal bayangan di Selindung, terminal bayangan di Jalan Anggrek.


"Selama ini, kami sulit menertibkan terminal bayangan ini, hari ini ditertibkan besok muncul lagi. Mereka beralasan penumpang di terminal resmi sulit mencari penumpang," ujarnya.


Ia mengatakan, sebagai antisipasi dini keberadaan terminal bayangan ini, Dishub bekerja sama dengan Polres Kota Pangkalpinang akan membentuk posko pengamanan di titik-titik terminal resmi dan bayangan tersebut.


"Posko pengamanan ini akan di bangun pada H-15 Hari Raya Idul Fitri, untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan warga yang akan melakukan mudik lebaran," ujarnya.    


Menurut dia, Sebenarnya pemerintah daerah dan aparat keamanan sempat melakukan razia dengan melakukan pengawasan pada areal yang sering dijadikan terminal bayangan, namun penertiban itu tidak bertahan lama.


Ketika aparat keamanan tidak melakukan pemantauan atau razia terminal bayangan itu pasti ada seperti halnya terminal biasa," ujarnya.


Akibat banyaknya terminal bayangan di wilayah Kota Pangkalpinang mengakibatkan sepinya terminal resmi yang dibangun pemerintah.


"Semua terminal di Pangkalpinang yakni terminal Selindung, Kampung Keramat dan terminal Girimaya semakin sepi, karena banyaknya terminal bayangan yang semakin marak belakangan ini," ujar Sudini.  

Untuk mengatasi hal tersebut, kata dia, ke depan pemerintah daerah bersama pihak keamanan akan mengambil tindakan tegas untuk menertibkan terminal bayangan itu agar tidak mengganggu dan merugikan masyarakat di daerah itu.

Pewarta: pewarta: aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2013