Muntok (Antara Babel) - Bupati Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Parhan Ali memberikan apresiasi positif terhadap prestasi warga Desa Buyan Kelumbi yang berhasil meraih juara III nasional dalam hal pelaksanaan pola hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Kami merasa bangga atas prestasi warga Desa Buyan Kelumbi, Kecamatan Tempilang, yang telah berhasil membawa dan mengharumkan nama Kabupaten Bangka Barat sebagai juara III, semoga hal ini benar-benar dijadikan sebagai semangat dan motivasi bagi warga lainnya," katanya di Muntok, Senin.

Ia mengatakan, PHBS merupakan langkah yang harus dilakukan untuk mencapai derajat kesehatan yang optimal bagi setiap orang.

Kondisi sehat tidak serta merta terjadi, tetapi harus senantiasa diupayakan dari yang tidak sehat menjadi hidup sehat serta menciptakan lingkungan yang sehat.

"Upaya memperbaiki dan mengubah perilaku harus dimulai dari menanamkan pola pikir sehat yang menjadi tanggung jawab bersama dan harus dimulai dan diusahakan oleh diri sendiri," kata dia.

Upaya tersebut merupakan usaha untuk mewujudkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya sebagai satu investasi bagi pembangunan sumber daya manusia yang produktif di Kabupaten Bangka Barat.

"Dalam mengupayakan perilaku ini dibutuhkan komitmen bersama untuk saling mendukung terkhususnya dukungan keluarga sehingga pembangunan kesehatan dapat tercapai maksimal," katanya.

Dengan telah diraihnya juara III lomba PHBS nasional oleh Desa Buyankelumbi, ia berharap desa-desa yang lain juga bisa menjadi penerus prestasi tersebut pada tahun berikutnya.

"Mari bersama-sama kita jaga kesehatan diri, keluarga, dan lingkungan sekitar untuk mendukung terwujudnya Bangka Barat Hebat 2021," kata dia

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016