Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperkuat koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di daerah itu untuk mematangkan pengawasan Pilkada Serentak 2024.

"Koordinasi penting kami lakukan guna menyamakan persepsi antar lembaga sehingga pelaksanaan Pilkada 2024 yang sudah masuk dalam tahapan berjalan lancar," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bangka, Sugesti di Sungailiat, Sabtu.

Hal penting lain yang substansial dari koordinasi ini, katanya, membahas berbagai isu terkini yang berkaitan dengan seluruh tahapan pemilihan yang memberikan dampak positif terhadap keamanan dan ketertiban di masyarakat sehingga terwujud pesta demokrasi sesuai yang diharapkan.

Sugesti berjanji pihaknya akan mencermati proses kerja teknis yang dilakukan oleh KPU Bangka mengingat tidak lama lagi dibuka pencalonan peserta pilkada.

"Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa semua tahapan berproses sesuai mekanisme undang-undang yang terkait dengan pemilihan kepala daerah serentak," jelasnya.

Sugesti mengatakan, pihaknya bersama KPU setempat sebelumnya sudah melakukan koordinasi dengan Rumah Sakit Umum Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto di Jakarta sebagai kesiapan pemeriksaan kesehatan calon bupati/wakil bupati peserta Pilkada 2024.

"Saat ini kami fokus melakukan pengawasan proses Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih), disamping itu juga melakukan pengawasan tahapan-tahapan yang berlangsung sekaligus berkomunikasi bersama pemangku kepentingan terutama mitra kami di KPU Bangka," kata Sugesti.

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024