Dalam rangka menyambut Hari Pengayoman ke-79 Tahun 2024, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang menggelar kegiatan Paspor Simpatik di Taman Dealova Pangkalpinang (03/08).

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Babel, Doni Alfisyahrin dan Sekretaris Daerah Kota Pangkalpinang, Mie Go.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang, Alimuddin menyatakan bahwa selain untuk menyambut Hari Pengayoman ke-79, kegiatan paspor simpatik ini juga merupakan bentuk komitmen jajaran Imigrasi Pangkalpinang untuk memberikan layanan terbaik dan selalu menghadirkan inovasi-inovasi yang memudahkan masyarakat.

"Imigrasi Pangkalpinang berkomitmen untuk mendekatkan diri dan hadir di tengah-tengah masyarakat. Biasanya kami menghadirkan inovasi seperti Eazy Passport dan Pasir Kuarsa (Pelayanan Keimigrasian Keluar Masuk Desa) yang rutin kami laksanakan pada jam kerja yang merupakan layanan jemput bola kepada instansi atau kelompok masyarakat," Ucap Alimuddin

Namun kali ini, Alimuddin menambahkan bahwa layanan Paspor Simpatik ini dilaksanakan di luar jam kerja, dilaksanakan di akhir pekan dan terbuka untuk masyarakat umum. Hal ini bertujuan agar masyarakat yang tidak sempat untuk membuat paspor pada hari kerja bisa terbantu dengan adanya layanan ini. 

"Kali ini, kami memberikan pelayanan kepada masyarakat umum diluar jam kerja dan pada akhir pekan. Harapannya tentunya agar masyarakat yang terkendala membuat paspor pada jam kerja bisa terbantu dengan memanfaatkan layanan paspor simpatik ini," tambah Alimuddin.

Sementara itu, Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang, Adytia Putra Ramdho menjelaskan tata cara untuk mendaftarkan permohonan paspor simpatik ini sangat mudah. Cukup melakukan pendaftaran via Whatsapp ke nomor pelayanan Kanim Pangkalpinang, maka pemohon tinggal datang dengan membawa berkas persyaratan.

"Jadi masyarakat yang hadir pada Kegiatan Paspor Simpatik ini adalah masyarakat yang telah melakukan pendaftaran ke nomor WhatsApp yang telah kami publish di akun sosial media kami, dan membawa persyaratan-persyaratan pendukung," Ujar Adytia.

Adytia menuturkan bahwa Layanan Paspor Simpatik dalam rangka Hari Pengayoman ini dibuka khusus untuk permohonan paspor baru dan penggantian habis berlaku. Sementara itu untuk permohonan paspor rusak dan hilang dipersilahkan untuk mendatangi langsung Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pangkalpinang. 

"Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya, semoga pelaksanaan paspor simpatik ini dapat berlangsung dengan lancar tanpa ada hambatan dan masyarakat dapat terlayani dengan baik sesuai dengan waktu yang telah ditentukan" pungkas Adytia.

Antusias masyarakat dalam layanan Paspor Simpatik ini sangat baik.Terlebih dengan diadakannya kuis teka-teki silang berhadiah, mampu menambah jumlah pemohon yang hadir dan membuat kegiatan semakin semarak. Total tercatat sebanyak 31 permohonan dilayani pada kesempatan ini.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024