Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar sosialisasi pencalonan bupati dan wakil bupati dalam Pilkada Serentak, 27 November 2024.

"Sosialisasi ini lebih kita tekankan pada persyaratan pencalonan," kata Ketua KPU Bangka Tengah Supendi Saputra usai pelaksanaan sosialisasi tersebut di Hotel Santika Pangkalanbaru, Kamis.

Supendi mengatakan, pengumuman pendaftaran pasangan calon dimulai pada 24 hingga 26 Agustus 2024.Sedangkan pendaftaran dimulai pada 27 hingga 29 Agustus 2024.

"Pasangan calon harus menyampaikan bukti fisik saat pendaftaran berlangsung dan semua persyaratan harus diunggah di aplikasi Silon," ujarnya.

Supendi mengatakan, sosialisasi yang diikuti pengurus partai politik, ormas dan sejumlah jurnalis itu merupakan bagian dari tahapan menjelang pelaksanaan pilkada.

"Dalam kegiatan sosialisasi kita juga melibatkan Bappeda terkait dengan pasangan calon harus menyampaikan visi dan misinya yang berisikan potensi daerah," ujarnya.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Kabupaten Bangka Tengah Anas Maruf mengharapkan partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024.

“Tentunya pemerintah daerah ingin pesta demokrasi terlaksana aman, tertib, lancar dan kondusif," ujarnya.

Anas berharap partisipasi pemilih dalam Pilkada 2024 meningkat mencapai di atas 80 persen karena tingginya partisipasi bagian dari keberhasilan pilkada.

"Saya mengajak semua pihak untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 dan ASN diminta untuk menjaga netralitas atau tidak memihak ke salah satu pasangan calon," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024