Distributor pangan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menambah pasokan 27,5 ton telur ayam ras, guna memperkuat stok dalam memenuhi konsumsi telur masyarakat yang tinggi di daerah itu.

"Kami berharap penambahan stok ini dapat menekan kenaikan harga telur ayam di tengah daya beli masyarakat kurang," kata Kepala Disperindag Kepulauan Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Minggu.

Ia mengatakan saat ini stok telur ayam ras di lima gudang distributor sebanyak 37,6 ton dan ditambah lagi 27,5 ton, sehingga total stok telur ayam ras dalam minggu ini sebanyak 65,1 ton, sehingga dipastikan persediaan telur cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Dalam minggu ini pasokan 27,5 ton telur ayam ras dari Pulau Sumatera tiba dan bongkar di Pelabuhan Muntok Bangka Barat," katanya.

Ia mengatakan saat ini harga telur ayam ras eceran di Pasar Pembangunan Pangkalpinang masih bertahan Rp31.000 per kilogram, harga telur ayam kampung Rp80.000 per kilogram.

"Harga telur ayam kampung ini cukup tinggi, karena stok telur dari petani lokal yang terbatas," katanya.

Menurut dia untuk memenuhi kebutuhan telur masyarakat, pelaku usaha di Kepulauan Babel hanya mengandalkan pasokan dari luar daerah karena usaha peternakan ayam petelur di daerah ini yang masih kurang.

"Saat ini Pemprov Kepulauan Babel terus mendorong masyarakat untuk mengembangkan usaha peternak ayam petelur ini, guna mengurangi ketergantungan pasokan telur dari luar daerah yang masih tinggi," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024