Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) dari BPJS Kesehatan karena dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

"Penyerahan penghargaan yang dilakukan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sudah dilaksanakan pada Kamis (8/8) di Jakarta, kita berharap prestasi ini memberikan motivasi kepada seluruh pihak terkait agar bisa memberikan pelayanan lebih baik lagi ke depan," kata Wakil Bupati (Wabup) Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Senin.

Penghargaan dengan kategori Utama ini diberikan karena Pemkab Bangka Barat dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung Program JKN  bagi masyarakat di daerah itu.

UHC merupakan konsep pembangunan kesehatan global yang memastikan setiap individu memiliki akses pelayanan kesehatan yang adil, komprehensif, dan bermutu tanpa adanya hambatan finansial. Di Indonesia, UHC diwujudkan melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Penghargaan ini, kata dia, tidak lepas dari upaya, peran, serta dukungan dari berbagai pihak, antara lain DPRD Bangka Barat, BPJS Kesehatan, instansi terkait, dan pihak swasta lainnya.

Dengan adanya komitmen bersama tersebut, lanjutnya, terbukti capaian UHC Kabupaten Bangka Barat mencapai 98,46 persen dari jumlah penduduk 214.428 jiwa dengan persentase status aktif kepesertaan mencapai 83.25 persen.

Atas capaian tersebut Pemkab Bangka Barat akan terus meningkatkan dan mengoptimalkan akses layanan kesehatan untuk masyarakat, sehingga capaian UHC ke depan semakin tinggi.

"Kami berharap penghargaan ini meningkatkan komitmen sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab pemerintah dalam sektor kesehatan dan akan menjadi motivasi bersama untuk terus meningkatkan mutu dan kualitas layanan dengan inovasi-inovasi yang terus dikembangkan," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024