Muntok (Antara Babel) - Festival Jiran Nusantara yang digelar untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kota Muntok, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, diharapkan mampu menarik wisatawan datang ke ujung barat Pulau Bangka.

"Kami berharap melalui kegiatan ini, Muntok semakin dikenal di kancah pariwisata nasional dan internasional sehingga ke depan akan semakin banyak yang datang dan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat dari sektor pariwisata," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Fachriansyah di Muntok, Minggu.

Ia mengatakan, Festival Jiran Nusantara 2016 digelar untuk merayakan hari jadi ke-282 Kota Muntok yang diisi dengan kegiatan olah raga, permainan tradisional, gelar seni dan budaya, dan berbagai jenis lomba serta panggung hiburan.

"Festival dibuka mulai 3 hingga 7 September 2016, terpusat di Lapangan Gelora Muntok. Kami berharap masyarakat ikut berperan dan memanfaatkan kegiatan itu untuk berbagi kebahagiaan bersama," katanya.

Ia berharap pelaksanaan kegiatan itu ke depan dikemas semakin meriah, bervariasi dan tetap menonjolkan budaya lokal sebagai daya tarik pengunjung.

Wakil Bupati Bangka Barat, Markus mengatakan Muntok yang berusia 282 tahun sudah seharusnya memiliki pijakan yang kuat untuk terus berkembang karena memiliki sejarah panjang yang telah terisi dengan berbagai proses dan dinamika.

"Muntok telah tumbuh, memiliki peran penting dalam pertumbuhan daerah, sebagai motor penggerak roda perekonomian dan pemerintahan Kabupaten Bangka Barat," kata dia.

Ia merasa bangga dengan usia Kota Muntok semakin maju dan berkembang dengan hasil pembangunan yang dapat dinikmati bersama.

Menurut dia, bertambahnya usia suatu daerah sepantasnya juga digunakan sebagai ajang evaluasi, koreksi dan instropeksi atas hasil-hasil kinerja yang telah dicapai untuk mengukur seberapa jauh capaian kinerja yang menjadi tanggung jawab bersama.

"Peringatan ini merupakan salah satu momentum untuk memperkokoh persatuan dan kebersamaan, kami berharap melalui peringatan ini daerah semakin maju dan hebat," kata dia.

Festival Jiran Nusantara dibuka Markus mewakili Bupati Parhan Ali yang berhalangan hadir karena menjalankan tugas ke  Kementerian Pertanian.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Bangka Belitung yang diwakili Kepala Diskominfo Babel Noviar Ishak berpesan agar para pemangku kepentingan dan semua kalangan bersatu guna kemajuan dan kesejahteraan masyarakat dan daerah.

"Jaya terus Kota Muntok menuju kota bermartabat," katanya.

"Tampak hadir Wakapolres Kompol AB Arifin, perwakilan Kejari, Ketua TP PKK Hj Annisa Parhan, Wakil Ketua DPRD M Ali Purwanto, kepala SKPD, Camat Muntok Rahmad Dalu, Danramil Muntok dan sejumlah undangan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016