Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar photoshoot dan syuting kostum figur rempah, sebagai persiapan menjelang digelarnya ajang Jelajah Pesona Jalur Rempah (JPJR) pada 6 hingga 8 September 2024.

"Ajang JPJR ini diproyeksikan masuk dalam agenda nasional Tahun 2024, maka kita melakukan persiapan dengan melakukan photoshoot dan syuting kostum figur rempah," kata Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Yurisca di Manggar, Senin.

Kegiatan photoshoot dan syuting menampilkan figur rempah yang berkaitan dengan adat tradisi orang darat pada zaman dahulu.

Ia mengatakan, JPJR Belitung Timur masuk dalam 110 Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang merupakan program strategis untuk mempromosikan destinasi wisata. 

"Ajang JPJR merupakan upaya melestarikan kearifan lokal yang diwariskan secara temurun oleh para leluhur, sekaligus memperkenalkan kekayaan rempah-rempah dan budaya," ujarnya.
 
Adapun rangkaian kegiafan kreatif yang menarik untuk disaksikan secara langsung yakni lomba bekater layar, lomba masak menu tradisional dan lomba sajian bedulang PKK dari 39 desa. 

Kemudian kata dia, bazar UKM kreatif, produk olahan rempah, sosialisasi  tata cara makan bedulang, parade jalur rempah dan kirab budaya, lomba music dan tari, dan atraksi permainan tradisional.

Pemkab Belitung Timur sudah memasukkan kegiatan JPJR dalam agenda pariwisata untuk menarik minat para wisatawan lokal dan mancanegara.

"Kita sudah beberapa kali menggelar kegiatan ini dan mampu menjadi magnet bagi wisatawan karena dikemas secara kreatif serta penuh inovatif," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024