Muntok (Antara Babel) - Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memamerkan alat musik tradisional Bangka berupa dambus raksasa berukuran sekitar 2,5 meter dalam Festival Jiran Nusantara di Muntok.

"Dambus jumbo tersebut karya kreator Donor dari Kecamatan Muntok, berbahan kayu sawo kombinasi kayu lapis," kata Pengurus Dewan Kesenian Bangka Barat, Rusmanadi di Muntok, Senin.

Ia mengatakan, pada anjungan milik Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat yang berada di Festival Jiran Nusantara yang berlangsung di Lapangan Gelora Muntok dipamerkan sejumlah karya kreator lokal berupa seni kriya dan kerajinan.

Pada anjungan tersebut juga ditampilkan sejumlah karya kerajinan dari para pelajar yang mengikuti lomba kerajinan dalam kegiatan tersebut.

"Selain memajang karya, para pengunjung juga bisa membeli barang yang dipajang, bisa juga memesan jika ingin desain khusus," katanya.

Ia berharap melalui pameran tersebut masyarakat semakin mengenal karya kerajinan, seni dan produk lokal dan mau mengapresiasinya untuk meningkatkan geliat kesenian di daerah itu.

"Ke depan kami berharap semakin banyak yang berpatisipasi agar pameran semakin menarik dan seni lokal makin diminati masyarakat," katanya.

Pembuat dambus raksasa, Donor mengatakan dambus atau alat musik tradisional Pulau Bangka berbentuk seperti gambus berkepala rusa buatannya berukuran panjang 2,5 meter dengan lebar mencapai 50 cm dengan waktu pengerjaan sekitar tiga bulan.

Alat musik dambus berbahan kayu dan batok kelapa juga banyak yang dipajang di pameran tersebut dengan harga cukup terjangkau.

"Dambus ukuran kecil harga Rp50.000, sedang, Rp150.000 dan ukuran standar rata-rata Rp300.000," kata dia.

Selain memajang alat musik dambus berbagai ukuran, kata dia, anjungan Dewan Kesenian Kabupaten Bangka Barat juga menampilkan beberapa jenis kerajinan khas lokal berbahan kayu, bambu, batok kelapa dan aneka kulit kerang.

Festival Jiran Nusantara digelar mulai 3 hingga 7 September 2016 untuk ememriahkan peringatan ulang tahun Kota Muntok ke 282 yang digelar di Lapangan Gelora Muntok.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016