Kodim 0413 Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuka 5,42 kilo meter jalan baru di Desa Namang, Kabupaten Bangka Tengah, guna meningkatkan perekonomian masyarakat di daerah itu.

"Dengan adanya pembukaan jalan baru ini, sehingga mengefisiensi dan memotong 30 kilo meter perjalanan warga ke pusat desa ini," kata Komandan Korem 045/Gaya Brigjen TNI Safta Feryansyah usai menutup TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-121 Kodim 0413 di Desa Namang, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan  fisik TMMD Ke-121 Tahun 2024 di Wilayah Kodim 0413 Bangka diantaranya pembukaan jalan lebar enam meter sepanjang 300 meter, penimbunan jalan lebar empat meter sepanjang 5,42 kilo meter yang rusak ringan dan berat ini untuk menunjang transporasi pemasaran hasil pertanian dan perkebunan, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Selain itu juga membangun gorong-gorong, sarana air bersih tiga unit dan tujuh unit rumah layak huni yang telah tuntas 100 persen dilaksanakan di Desa Namang Kabupaten Bangka Tengah ini.

Selain pembangunan fisik, Kodim 0413 Bangka juga memberikan penyuluhan hukum, kesehatan, bahaya narkoba, penurunan stunting, bantuan sosial, penghijauan, pembuatan pupuk organik, pembinaan ekonomi kreatif dan berbagai perlombaan HUT Ke-79 Republik Indonesia di Desa Namang.

"Pembangunan jalan ini sangat bermanfaat dan membantu masyarakat dalam memasarkan hasil pertanian dan perkebunan ke pasar, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat desa ini," katanya.

Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman mengatakan kegiatan TMMD ini sangat besar manfaatnya yang dirasakan masyarakat.

"Ketika jalan di bangun tentu ada penghubung bagi masyarakat dan ini sangat besar manfaatnya yang diperoleh masyarakat desa ini," katanya.

Ia menyatakan perekonomian warga Desa Namang ini tidak hanya bergerak di sektor pertanian dan perkebunan, tetapi juga pariwisata.

"Desa Namang ini merupakan salah satu daerah destinasi wisata, sehingga perlu mendapatkan dukungan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat di daerah ini," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024