Koba (Antara Babel) - Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membentuk tim khusus untuk memeriksa kesehatan hewan kurban.

"Tim ini kami sebar pada enam kecamatan di daerah ini, mereka mengawasi dan memeriksa kesehatan hewan kurban," kata Kepala Bidang Peternakan, Edi Romdoni di Koba, Selasa.

Ia menjelaskan, tim yang  sudah dibentuk tersebut akan memeriksa 111 tempat pemotongan hewan kurban termasuk pemotongan di masjid dan mushala.

"Tim ini sekarang sudah disebar ke seluruh kecamatan untuk memeriksa kesehatan hewan kurban yang ada di masyarakat,"ujarnya.

Ia mengatakan, tujuan pembentukan tim tersebut untuk memperketat pengawasan sehingga hewan kurban benar-benar aman dikonsumsi dan layak dijadikan kurban.

"Kami tentu akan berusaha secara maksimal melalui tim untuk memastikan hewan kurban itu layak dikonsumsi dan dijadikan hewan kurban," ujarnya.

Pihaknya juga melakukan pengawasan secara rutin terhadap daging sapi yang dijual di pasaran untuk menghindari daging tidak layak konsumsi.

"Kami benar-benar konsentrasi mengawasi peredaran daging di daerah ini untuk mengantisipasi daging tidak layak konsumsi sehingga dapat mengganggu kesehatan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016