Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengungkapkan baru ada satu pasangan yang sudah mengkonfirmasi melalui surat untuk menyerahkan berkas pendaftaran.

Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Kadir Jailani di Mentok, Selasa, mengatakan pihaknya telah menerima surat konfirmasi dari pasangan Markus-Yusderahman yang rencananya menyerahkan berkas pada 29 Agustus 2024 pukul 14.00 WIB.

KPU telah membuka pendaftaran mulai Selasa ini hingga 29 Agustus 2024 pukul 23.59 WIB sudah ada tiga pasangan bakal calon yang akan menyerahkan berkas pendaftaran.

Untuk pasangan yang lain baru memberikan informasi secara lisan, yaitu pasangan Sukirman-Bong Ming Ming direncanakan 29 Agustus 2024 pukul 16.00 WIB dan pasangan Mansah-Dwi Aryani 28 Agustus 2024 pukul 10.00 WIB

"Untuk dua pasangan ini baru disampaikan secara lisan, belum bersurat ke kami," katanya.

Sebagai bentuk persiapan menyambut pasangan calon yang akan melakukan pendaftaran dan penyerahan berkas, kata dia, KPU Bangka Barat telah melakukan simulasi mulai dari awal penyambutan pasangan calon hingga menyiapkan podium untuk memberikan keterangan pers.

Ia mengatakan pasangan calon yang datang nantinya akan menyerahkan sejumlah berkas-berkas pendaftaran, selain itu juga disiapkan seremonial sambutan dari pihak KPU, mulai dari pemberian kalung selendang sebagai bentuk penghormatan, ruangan penyerahan berkas pendaftaran, hingga penyambutan sekaligus penyampaian hasil pemeriksaan kelengkapan dokumen.

Selanjutnya, pasangan calon diminta untuk melakukan konferensi pers yang digelar di depan Kantor KPU Bangka Barat.

"Kami mengimbau kepada pasangan calon untuk tidak menyampaikan informasi yang memiliki unsur kampanye, mereka kami minta menyampaikan informasi terkait status pencalonan sebagai bupati dan wakil bupati," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024