Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menerima pendaftaran pasangan Markus-Yus Derahman ssbagai bakal calon peserta Pilkada 2024.

"Hari ini pasangan Markus-Yus Derahman telah menyerahkan berkas pendaftaran dan dinyatakan diterima," kata Anggota KPU Kabupaten Bangka Barat Kadir Jailani di Mentok, Kamis.

Pasangan Markus-Yus Derahman merupakan bakal calon peserta Pilkada 2024 yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Berkas yang disyaratkan dalam proses pendaftaran yang sudah diserahkan kemudian akan dilakukan verifikasi oleh tim sekretariat KPU Kabupaten Bangka Barat dan jika masih belum sesuai maka akan dilakukan proses perbaikan.

Proses verifikasi berkas dilakukan untuk memastikan pada saat penetapan tidak ada permasalahan persyaratan pencalonan dan syarat yang ditentukan.

Selain diantarkan oleh pimpinan partai pengusung, pasangan ini juga diiring oleh keluarga, sejumlah pengurus partai, simpatisan dan tim relawan.

Hari ini KPU Kabupaten Bangka Barat menerima pendaftaran dua pasangan bakal calon peserta Pilkada 2024, yaitu pasangan Markus-Yus Derahman dan pasangan petahana Sukirman-Bong Ming Ming.

Pada rangkaian proses pendaftaran ini Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Barat melakukan pengawasan menyeluruh, baik dari sisi berkas persyaratan yang diserahkan ke KPU maupun pengunggahan dokumen melalui SIlon.

Anggota Bawaslu Kabupaten Bangka Barat Rio Febri Pahlevi mengatakan Bawaslu juga melakukan pengawasan terhadap rombongan yang mengiringi pasangan calon yang mendaftar untuk menjaga netralitas aparatur sipil negara.

"Kami ingin memastikan seluruh tahapan berjalan sesuai aturan agar tidak terjadi permasalahan di kemudian hari," ujarnya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024