Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyediakan anggaran sebesar Rp34,3 miliar untuk merevitalisasi Pasar Toboali.

"Revitalisasi Pasar Toboali sudah selesai yang menghabiskan anggaran Rp34,3 miliar, dalam waktu dekat segera diresmikan," kata Sektetaris Daerah Pemkab Bangka Selatan Haris Setiawan di Toboali, Sabtu.

Pasar Toboali yang sudah selesai dibangun itu memiliki sebanyak 68 ruko di lantai satu dan dua serta "tooftop" terdapat di lantai tiga.

Kemudian juga dilengkapi dengan 13 unit fasilitas toilet yang terdiri dari 10 toilet umum laki-laki dan perempuan dan tiga unit dirancang untuk difabel serta alarm kebakaran.

Pembangunan Pasar Toboali merupakan proyek Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Direktorat Jenderal Cipta Karya Balai Prasarana Permukiman Wilayah Kepulauan Bangka Belitung yang dikerjakan PT Beringin Jaya Perkasa.

"Revitalisasi Pasar Toboali merupakan salah satu program strategis daerah agar memiliki pasar yang lebih modern dan representatif serta menghadirkan suasana nyaman dalam bertransaksi niaga," kata Haris.

Ia berharap program revitalisasi Pasar Toboali ini berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat, terutama para pelaku UMKM.

"Pasar ini kita rancang lebih modern dan terjangkau bagi para pelaku UMKM, sehingga pengunjung lebih ramai dan roda perekonomian berputar lebih kencang," ujarnya.

Ia mengatakan, Pasar Toboali sebelumnya merupakan pasar tradisional yang sudah dibangun cukup lama namun kondisinya semakin semraut sehingga perlu direvitalisasi.

"Kendati kita tingkatkan pembangunannya, namun tetap mengakomodasi para pedagang setempat yang sudah lama berjualan di pasar tersebut," ujarnya.
 

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024