TNI Angkatan Laut dituntut menjaga komitmen dan netralitas dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) yang dilakukan serentak pada November 2024.

Penegasan itu disampaikan Komandan Lanal Bangka Belitung, Kolonel Laut (P)  Erwin Herdiyanto membacakan amanat Panglima TNI Agus Subiyarto di depan peserta upacara peringatan HUT TNI AL ke 79 di Mako Lanal Bangka Belitung, Belinyu, Selasa.

Netralitas TNI merupakan kehendak rakyat Indonesia yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang TNI nomor 34 tahun 2004, bahwa TNI tidak berpolitik praktis. Netralitas TNI juga merupakan wujud nyata, bahwa TNI secara tegas tidak ingin dan tidak boleh kembali ke panggung politik praktis dan lebih mengutamakan sinergitas dengan Polri dan komponen bangsa lainnya.

"Profesionalisme TNI AL dapat selalu dijaga dan ditingkatkan dalam menghadapi berbagai tantangan global dan nasional, seperti pelanggaran wilayah kedaulatan laut, pencurian kekayaan alam di laut, radikalisme, terorisme, ancaman siber, dan ancaman biologi, termasuk juga ancaman bencana alam," katanya.

Dikatakan, kondisi global dan regional secara langsung maupun tidak langsung akan memberikan dampak pada NKRI. TNI Angkatan Laut sebagai simbol kejayaan kekuatan laut nasional hendaknya dapat bersikap adaptif terhadap segala perkembangan lingkungan strategis, termasuk teknologi yang menyertainya demi keutuhan persatuan dan kesatuan bangsa.

Hari Ulang Tahun ke-79 TNI Angkatan Laut menjadi momentum penting bagi TNI AL karena bekerja dengan niat ibadah, loyal, tulus dan ikhlas. Menjadi  TNI yang prima dan TNI AL yang modern, berdaya gentar kawasan dan berproyeksi global. Menjaga tingkat kesiapan operasi dan kemampuan pemeliharaan seluruh alutsista laut yang dimiliki serta selalu melakukan terobosan-terobosan yang inovatif dan kreatif sesuai dengan marwah TNI Angkatan Laut yang berwawasan internasional.

"Momentum bersejarah ini melambangkan transformasi organisasi TNI Angkatan Laut menuju organisasi yang semakin modern dan mampu beradaptasi dengan perkembangan lingkungan strategis yang dinamis," jelasnya.

Komandan Lanal Bangka Belitung, Kolonel Laut (P)  Erwin Herdiyanto mengatakan, sebelum puncak pelaksanaan HUT TNI AL ke 79, pihaknya telah menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial seperti pemberian makanan bergizi kepada anak sekolah tingkat SD dan SMP secara serentak seluruh Indonesia, pameran, kegiatan donor darah, pemberian sembako dan panggung hiburan.





 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024