Penjabat Wali Kota Pangkalpinang Budi Utama mengatakan Upacara HUT Ke-267 Kota Pangkalpinang digelar di Musem Timah Indonesia (MTI), sebagai Langkah mempromosikan wisata sejarah di Kota Beribu Senyuman itu.

"Gedung ini adalah titik bersejarah bagi perjuangan kemerdekaan  Indonesia," kata Budi Utama usai Upacara HUT Ke-267 Kota Pangkalpinang di MTI, Selasa.

Ia mengatakan Gedung Musem Timah Indonesia di Kota Pangkalpinang ini yang dibangun pada 1958 ini pernah dijadikan tempat perundingan Roem Royen dihadiri oleh tokoh-tokoh penting di antaranya Ir. Soekarno, Haji Agus Salim dan pemimpin-pemimpin Indonesia yang diasingkan di Pulau Bangka.

"Ini perdana bagi kami melaksanakan upacara HUT kota dan Alhamdulillah berjalan lancar dan khidmat,"  katanya.

Ia menyatakan kegiatan Upacara HUT Ke-267 Kota Pangkalpinang di MTI ini merupakan titik awal Pemkot Pangkalpinang mengembalikan edukasi sejarah kepada masyarakat dan wisatawan domestik dan mancanegara.

"Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan masyarakat lokal, nasional dan internasional ke museum ini," katanya.

Kepala Museum Timah Indonesia Kota Pangkalpinang M Taufik mengapresiasi Pemkot Pangkalpinang menggelar Upacara HUT Kota Pangkalpinang di MTI ini.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada Pj Wali Kota Pangkalpinang yang pertama kali menggagas pelaksanaan upacara hut kota tahun ini di MTI," katanya.

Ia mengatakan MTI ini tidak hanya sejarah perjuangan kemerdekaan bangsa ini, tetapi juga sejarah pertimahan di Indonesia.

"Momen seperti ini sangat baik, agar masyarakat mengetahui bahwa sejarah perjuangan bangsa ini ada juga di Kota Pangkalpinang ini," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024