Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meluncurkan Kelurahan Cinta Statistik atau Cantik, guna meningkatkan kapabilitas SDM dan statistik berkualitas di kelurahan itu.

"Kami berharap kegiatan ini dapat menggambarkan pembangunan dan pelayanan pemerintah kepada masyarakat di daerah ini," kata Penjabat (Pj) Wali Kota Pangkalpinang Budi Utama saat meluncurkan Kelurahan Cantik di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan pencanangan Kelurahan Cinta Statistik 2024 yang lokusnya di Kelurahan Bukit Besar, Kecamatan Girimaya, dapat menjadi pemicu bagi seluruh kelurahan di Kota Pangkalpinang untuk membenahi data-data statistik sektoral, baik dalam bentuk tabel maupun publikasi di web kelurahan.

"Kegiatan ini merupakan kesempatan untuk penataan lembaga, teristimewa dalam rangka mewujudkan dan mengembangkan sistem statistik nasional," katanya.

Ia menyatakan harus disadari bahwa statistik memiliki peran penting dalam penyelenggaraan pembangunan. Oleh karena itulah peran BPS sebagai lembaga penyedia statistik berkualitas sangat vital dan diharapkan BPS menjadi pusat rujukan data.

"Saya kira tahapan pengumpulan data menjadi tahapan penting dalam mewujudkan data berkualitas," katanya.

Ia menambahkan tahapan pengumpulan data yang benar, maka akan menghasilkan data statistik yang tepat. Data yang tepat itulah menjadi dasar untuk pengambilan kebijakan dalam pembangunan daerah ini.

Kepala BPS Kota Pangkalpinang Dewi Savitri mengharapkan Program Kelurahan Cantik ini dapat menghasilkan outcome atau dampak terkait manajemen data statistik yang semakin baik di kelurahan, sehingga pemanfaatan data menjadi lebih optimal.

Selain itu, lanjutnya, tingkat kesadaran statistik yang tinggi di tingkat kelurahan sehingga setiap program pembangunan di desa berlandaskan pada data.

"Kualitas data di kelurahan semakin meningkat ini, sehingga pengambilan keputusan berdasarkan data akan lebih tepat sasaran," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024