Tiga medali emas bakal diperebutkan para atlet cabang olahraga panjat tebing, Kamis, sebagai hari terakhir jadwal perlombaan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumatra Utara 2024.

Presiden Juri Cabang Olahraga Panjat Tebing PON XXI Aceh-Sumut Anugrah Agung Karokaro, di Banda Aceh, Kamis, menyebutkan ada final di tiga nomor perlombaan yang digelar, yakni nomor lead tim putra, boulder tim putri, dan speed klasik.

Berdasarkan jadwal, final lead tim putra digelar pukul 11.30-12.30 WIB, final boulder tim putri pukul 13.00-14.00 WIB, sedangkan speed klasik pukul 17.00-18.30 WIB, dilanjutkan upacara penghormatan pemenang (UPP).

Namun, sebelumnya akan didahului dengan pemanasan dan babak kualifikasi nomor speed klasik.

Perlombaan babak final akan berlangsung di Arena Panjat Tebing, Kompleks Stadion Harapan Bangsa, Banda Aceh, Aceh.

Pada PON Aceh Sumut, cabang olahraga panjat tebing telah memulai perlombaan sejak 6 September lalu dan sesuai jadwal berakhir pada 19 September 2024.

Cabang olahraga panjat tebing pada PON XXI Aceh-Sumut mempertandingkan 16 nomor, dan 13 nomor di antaranya sudah final.

Yakni, combined (boulder and lead) perorangan putra dan putri, speed relay putra dan putri, combined (B&L) mix, dan speed world record (WR) perorangan putra dan putri.

Kemudian, nomor boulder perorangan putra dan putri, lead perorangan putra dan putri, serta lead tim putri dan boulder tim putra.

Pertandingan cabang olahraga panjat tebing diikuti sebanyak 26 provinsi yang mengirimkan total 188 atlet, terdiri atas 103 atlet putra dan 85 atlet putri.

Pewarta: Zuhdiar Laeis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024