Kontingen Provinsi Bangka Belitung sukses mengukir sejarah dengan pencapaian tiga medali emas, dua medali perak dan enam medali perunggu dalam penyelenggaraan PON Aceh-Sumut XXI Tahun 2024.

Dalam klasemen terakhir, Provinsi Bangka Belitung berhasil menempati peringkat 29 klasemen atau menjadi perbaikan peringkat dibandingkan PON 2021 Papua yang lalu yakni diperingkat 33.

Tak hanya perbaikan peringkat, akan tetapi dengan tiga medali emas membuat pencapaian tertinggi Provinsi Bangka Belitung selama mengikuti pesta olahraga tertinggi di Indonesia. 

Ketua KONI Provinsi Bangka Belitung, Ricky Kurniawan menyampaikan apresiasinya, kepada semua pihak yang telah bersama-sama berjuang demi prestasi. 

"Prestasi ini merupakan perolehan yang luar biasa untuk Bangka Belitung. Sejarah bagi Provinsi Bangka Belitung, menunjukkan apa pun yang terjadi kita masih bisa berbuat untuk memperjuangkan Bangka Belitung," kata Ricky Kurniawan di Pangkalpinang, Minggu.

Diakuinya meskipun berhasil menorehkan prestasi baru di ajang PON, namun untuk target khususnya di PON 2024 diakuinya meleset. 

Empat medali emas diketahui menjadi target dari Provinsi Bangka Belitung, dalam mengarungi sejumlah pertandingan di ajang PON 2024 kali ini. 

"Memang masih meleset dari target empat emas, karena ada beberapa cabor atletnya kita target dapat medali emas tapi tidak dapat. Ini akan menjadi bahan evaluasi kita bersama, kami dari KONI Bangka Belitung bersama Pengprov, cabor dan KONI Kabupaten Kota dalam menentukan arah dan pola pembinaan kedepannya," ujarnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024