Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kota itu yang ke-259 dengan menggelar upacara di halaman kantor wali kota setempat.

Wakil Wali Kota Pangkalpinang, M.Sopian, Sabtu, mengatakan untuk HUT Kota Pangkalpinang yang ke-259 ini mengusung tema "Dengan Kebersamaan Kita Bangun Pangkalpinang Sebagai Kota Investasi Yang Ramah Lingkungan."    
    
"Dengan usia Pangkalpinang yang ke-259 ini masih banyak kekuatan dan potensi yang kita miliki harus digali. Selain itu masih banyak juga peluang yang harus dicermati serta masih banyak kelemahan yang harus diperbaiki," katanya.

Ia mengatakan, dalam HUT Pangkalpinang ini, untuk pembangunan Kota Pangkalpinang ada 14 prioritas yang harus diselesaikan yakni Pemerataan kualitas pendidikan, Pendidikan vokasional dan akademi komunitas, Meningkatkan kualitas pelayanan serta penguatan perencanaan pembangunan daerah dan tata ruang.

Selain itu prioritas lainnya yakni Peningkatan pembangunan infrastruktru publik, Pengembangan perekonomian, koperasi dan UMKM berbasis pariwisata, Peningkatan kualitas lingkungan hidup, Peningkatan iklim investasi, Peningkatan pelayanan publik serta Pengembangan industri, pariwisata dan budaya.

"Prioritas lainnya Perwujudan "good governance" dan "clean goverment." Peningkatan pemberdayaan perempuan, Pengurangan kemiskinan dan penyandang masalah sosial, Pengembangan industri unggulan, Pemantapan stabilitas Kamtibmas serta Pembangunan berbasis satu miliar satu kelurahan," ujarnya.

Ia menyebutkan, memperingati hari jadi Kota Pangkalpinang merupakan memperingati suatu peristiwa sejarah yang dianggap penting sebagai tonggak atau momentum keberadaan sebuah kota.

"Peristiwa sejarah tersebut diharapkan dapat melahirkan angan-angan moral, menjadi sumber inspirasi, intropeksi dan edukasi, sebagai pedoman perilaku, sebagai momentum yang dapat dijadikan faktor pemicu dan pemacu semangat mentalitas dan moralitas untuk membagun Kota Pangkalpinang," katanya.

Ia berharap, dengan HUT Kota Pangkalpinang ini dapat menumbuhkan pemahaman terhadap perkembangan Kota Pangkalpinang dari satu tahapan ke tahapan berikutnya.

"Saya juga berharap akan tumbuh kesadaran dan semangat yang tinggi dari warga Kota Pangkalpinang untuk merasa meimiliki kotanya, memiliki kepedulian dan secara bersama cepat tanggap terhadap persoalan-persoalan pembangunan masyarakat dan pembangunan Kota Pangkalpinang," ujarnya.

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016