Sungailiat (Antara Babel) - Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Kolonel Laut (P) Teguh Gunawan meminta nelayan ikut menjaga keamanan dan ketertiban perairan laut.

"Keterlibatan nelayan dalam menjaga ketertiban dan keamanan di laut sangat kami harapan," katanya melalui Komandan Pos Sungailiat Kapten Laut (P) Panjaitan di Sungailiat, Sabtu.

Ia mengatakan, pihaknya membuka hubungan komunikasi yang cukup baik dengan nelayan tradisional di daerah itu termasuk hubungan komunikasi dengan pemangku kepentingan lainnya.

"Terbangunnya komunikasi yang baik melalui hubungan pembinaan potensi maritim yang sering kami lakukan baik secara langsung maupun tidak langsung," ujarnya.

Dia juga mengimbau kepada seluruh nelayan yang melakukan aktivitas penangkapan, hendaknya dilengkapi sejumlah perlengkapan baik dokumen administrasi maupun perlengkapan keamanan.

"Dokumen administrasi penting untuk dilengkapi untuk saling membantu pihak nelayan dan pemerintah dalam hal pendataan, begitu juga kelengkapan keamanan seperti jaket pelampung dan lainnya yang diperuntukan mengantisipasi jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan," katanya.

Dia sampaikan peraiaran laut Sungailiat sampai dengan sekarang dalam kondisi terjaga keamanan dan ketertiban terutama aktivitas nelayan penangkapan nelayan berjalan lancar.

"Hanya saja nelayan tradisional di Sungailiat akan menghentikan penangkapan jika masuk musim gelombang pasang yang biasanya disertai angin kencang," ujarnya.

Nelayan dan masyarakat umum lainnya diminta untuk segera melaporkan kepihaknya jika mengetahui adanya ancaman gangguan keamanan dan ketertiban di perairan laut

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016