Polda Kepulauan Bangka Belitung menggelar peringatan Hari Lalulintas Jalan Ke-69 tahun dengan tema "Presisi hadir untuk Indonesia Maju" dengan harapan Polantas Bangka Belitung dapat memberikan kontribusi untuk Indonesia semakin maju.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Kepulauan Bangka Belitung, Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan di hari Polantas ini sesuai dengan hashtag-nya Polantas Presisi dapat selalu hadir untuk Indonesia Maju. 

"Jadi diharapkan dengan adanya ulang tahun yang ke-69 ini, Polantas dapat memberikan kontribusi untuk Indonesia semakin maju," katanya kepada ANTARA di Pangkalpinang, Senin.

Ia juga berharap momen peringatan Hari lalu lintas ini Polantas dapat meningkatkan perannya dalam menekan angka kecelakaan khususnya fatalitas korban kecelakaan, karena fatalitas kecelakaan dapat mengakibatkan perekonomian masyarakat semakin rendah.

"Fatalitas kecelakaan dapat menyebabkan orang meninggal dunia yang nanti keluarganya akan mengalami kerugian material khususnya karena pencari nafkah tidak ada lagi. Dan jika korban luka berat akan menjadi beban bagi keluarganya," terang Herman.

Selain menurunkan angka kecelakaan dan menekan fatalitas korban kecelakaan, momen Hari Polantas diharapkan polisi kedepannya didukung dengan era digitalisasi menuju Indonesia industri 5.0 karena semua bidang pelayanan nanti akan menggunakan tekhnologi informasi.

"Baik itu pelayanan di bidang registrasi dan identifikasi maupun di bidang pelayanan lainnya seperti penegakan hukum nanti sudah mengacu pada Etle atau tilang elektronik," ujarnya.

Kombes Pol Hendra juga mengimbau masyarakat untuk dapat mematuhi semua aturan lalu lintas dan menaati rambu-rambu lalulintas seperti tidak melanggar marka jalan, tidak kebut-kebutan di jalan raya, menggunakan helm dan tidak berboncengan lebih dari dua orang agar tidak terjadi kecelakaan.

"Kejadian tadi malam di kabupaten Bangka barat itu tidak menggunakan helm dan berboncengan tiga sehingga ketiganya meninggal ditempat. Oleh karena itu kita imbau masyarakat agar mematuhi rambu lalulintas dan tidak melanggar aturan lalulintas," ujarnya.

Ia menambahkan, Dirlantas Polda Babel juga terus mengedukasi masyarakat agar dapat mematuhi aturan dan rambu-rambu lalulintas bersama pemerintah daerah juga Polda Babel mendorong agar pemerintah meningkatkan jumlah transportasi publik untuk mereka pekerja dari kota ke kabupaten atau sebaliknya sehingga pekerja atau pegawai tersebut tidak menggunakan kendaraan sendiri.

"Kami juga bekerjasama dengan pemerintah untuk meningkatkan transportasi publik yang memadai sehingga masyarakat tidak perlu menggunakan sepeda motor dengan jarak jauh agar dapat mengurangi angka kecelakaan lalulintas," tutup Hendra.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024