Untuk mendukung ketahanan pangan di wilayah operasional Perusahaan, PT Timah melalui program Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) mengembangkan sejumlah program yang berfokus pada penguatan sektor pertanian.

Beroperasi di wilayah Kepulauan seperti Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Provinsi Kepulauan Riau tak heran tingkat ketergantungan pangan terhadap daerah luar masih tinggi. Sehingga PT Timah terus mendorong pertanian lokal untuk memenuhi kebutuhan pangan.

Langkah ini bertujuan untuk memberdayakan petani lokal, meningkatkan hasil produksi, dan menciptakan pertanian yang berkelanjutan. PT Timah berkomitmen memberikan dukungan nyata dalam berbagai bentuk, baik melalui penyediaan sarana dan prasarana pertanian maupun pelatihan untuk meningkatkan keterampilan para petani.

Beberapa program yang dijalankan PT Timah dalam sektor pertanian diantaranya ialah mendukung program Budidaya Cabe di Desa Paku, Bangka Selatan, Budidaya Nanas Badau di Desa Badau, Kabupaten Belitung, Budidaya Bawang Merah bersama kelompok Tani Bina Tani di Desa Gantung, Kabupaten Belitung Timur.

Anggota holding Industri Pertambangan MIND ID ini melakukan pembinaan dan pelatihan bagi kelompok tani untuk melakukan budidaya komoditas pangan. Hal ini sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan sehingg berdampak pada peningkatan produksi komoditas pertanian.

Tak hanya itu, PT Timah juga kerap mendukung sarana dan prasarana pertanian bagi kelompok tani seperti bantuan traktor tangan untuk Kelompok Bina Tani Tailong dan Kelompok Tani Maulana Bukit Naga Kundur.

PT Timah juga mendukung permodalan para petani melalui program Pendanaan Usaha Mikro Kecil (PUMK) yang menyasar sektor pertanian dalam rangka mendukung pengembangan pertanian di wilayah operasional perusahaan.

Berkolaborasi dengan kelompok pemuda dan masyarakat, PT Timah juga memanfaatkan lahan bekas tambang untuk mendukung sektor pertanian dengan konsep agroforestry yang dilaksanakan di Bangka Barat.

Dengan dukungan perusahaan melalui berbagai inisiatif, sektor pertanian diharapkan dapat tumbuh lebih kuat dan mendukung ketahanan pangan di wilayah operasional perusahaan.

"PT Timah berkomitmen untuk mendukung petani lokal melalui pelatihan, akses modal, dan sarana dan prasarana. Karena sektor pertanian berperan penting mendukung ketahanan pangan nasional dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya di pedesaan," ujar Kepala Bidang Komunikasi Perusahaan PT Timah, Anggi Siahaan.

Pewarta: Jarjit

Editor : Aprionis


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024