Kepolisian Resor Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, meningkatkan koordinasi lintas sektor untuk mengamankan jalannya tahapan kampanye Pilkada 2024 agar berjalan lancar, aman, dan tertib.

"Secara keseluruhan kita sudah siap menjalankan tugas pengamanan giat kampanye Pilkada 2024," kata Kepala Bagian Operasi Polres Bangka Barat Kompol Surtan Sitorus di Mentok, Rabu.

Menurut dia, seluruh personel Polres Bangka Barat yang terlibat pada pengamanan pilkada dengan sandi Operasi Mantap Brata Menumbing 2024 telah dilatih dan disiapkan untuk menjaga situasi kondusif selama tahapan kampanye berlangsung.

Pengamanan akan dilakukan secara intensif agar masyarakat dapat menjalankan hak demokrasi mereka dengan aman dan nyaman.

Dalam mendukung pengamanan ini, Polres Bangka Barat telah melakukan berbagai persiapan, mulai dari simulasi pengamanan hingga koordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), serta tokoh masyarakat di daerah itu.

Langkah ini dilakukan untuk memastikan pelaksanaan Pilkada 2024 berlangsung dengan tertib dan aman.

"Kemarin kita juga telah melakukan deklarasi Pemilu Damai Di Kantor KPU Kabupaten Bangka Barat bersama seluruh instansi terkait, Forkopimda, penyelenggara, pengawasan, pasangan peserta pilkada dan para pemuka agama," katanya.

Kepala Seksi Humas Polres Bangka Barat Ipda Ardianis mengatakan deklarasi pemilu damai yang diadakan merupakan komitmen bersama agar Pilkada 2024 dapat berjalan dengan lancar seusai harapan.

Kesuksesan pilkada serentak tidak terlepas dari peran dan komitmen semua pemangku kepentingan, mulai dari penyelenggara pilkada, partai politik, Forkopimda, masyarakat, dan tentunya warga sebagai aktor utama demokrasi.

"Karena ini sudah menjadi komitmen bersama, saya meminta kepada semua pihak agar tetap bersatu dan bersama menjaga situasi kondusif di wilayah Bangka Barat," katanya.

Warga juga diminta untuk ikut berperan aktif bersama TNI/Polri mengawal Pilkada 2024 agar berjalan lancar, aman, nyaman sehingga masyarakat tetap produktif.

Pada pelaksanaan pengamanan Pilkada 2024, Polda Babel telah menyiapkan sebanyak 3.127 personel, sementara khusus untuk pengamanan di wilayah hukum Polres Bangka Barat telah disiapkan sebanyak 300 personel dan petugas gabungan.

Pengamanan seluruh tahapan pilkada telah dimulai 24 Agustus dan akan berakhir pada 16 Desember 2024.

Kesiapan seluruh personel tersebut diharapkan mampu menjalankan Operasi Mantap Praja Menumbing 2024 dalam rangka pengamanan pesta demokrasi pemilihan gubernur-wakil gubernur dan bupati-wakil bupati di daerah itu.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024