Bawaslu Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengimbau masing-masing pasangan calon bupati calon wakil bupati Pilkada 2024 di daerah itu agar dapat menghindari kampanye yang berbau Suku, Agama Ras, dan Antar golongan (SARA).

"Kami mengimbau masing-masing pasangan calon Pilkada Belitung 2024 dapat menghindari kampanye yang berbau SARA," kata Ketua Bawaslu Belitung, Rezeki Aris Munazar di Tanjung Pandan, Kamis.

Menurut dia, masa tahapan kampanye Pilkada 2024 berlangsung mulai 25 September sampai 23 November 2024 mendatang.

Ia mengatakan, politisasi SARA merupakan salah satu potensi kerawanan pelaksanaan Pilkada 2024 di daerah itu.

"Salah satu potensi kerawanan di Pilkada Belitung 2024 yang sudah kami petakan sebelumnya adalah berkaitan atau menyangkut dengan persoalan unsur SARA," ujarnya. 

Ia mengatakan, Bawaslu Belitung telah mengeluarkan Surat Imbauan Nomor: 128/PM.00.02/K.BB.05/9/2024 tentang pelaksanaan kampanye Pilkada 2024.

"Surat imbauan ini kami sampaikan kepada masing-masing pasangan calon Pilkada 2024," katanya.

Selain itu, lanjut Aris, Bawaslu Belitung juga mengimbau masing-masing pasangan calon agar tidak melakukan kampanye hitam dan kampanye negatif.

Selanjutnya masing-masing pasangan calon diharapkan untuk tidak menjanjikan dan/atau memberikan uang atau materi sebagai imbalan kepada warga negara Indonesia baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mempengaruhi pemilih untuk tidak menggunakan hak pilihnya.

"Atau menggunakan hak pilih dengan cara tertentu sehingga mengakibatkan suara tidak sah dan mempengaruhi pemilih untuk memilih calon tertentu atau tidak memilih calon tertentu," ujarnya. 

Aris menjelaskan, masing-masing paslon Pilkada Belitung 2024 juga diharapkan tidak menjanjikan dan/atau memberikan uang atau materi lainnya untuk mempengaruhi penyelenggara pemilihan.

"Kemudian tidak melakukan kegiatan kampanye di luar waktu atau jadwal kampanye sudah yang sudah ditetapkan berdasarkan zona kampanye oleh KPU Belitung untuk masing-masing pasangan calon," katanya.

Pilkada Belitung 2024 diikuti oleh tiga pasangan calon yakni Djoni Alamsyah - Syamsir, Isyak Meirobie - Masdar Nawawi, dan MZ Hendra Caya - Sylpana. 

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024