Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar deklarasi pemilu damai untuk menciptakan pelaksanaan Pilkada 2024 yang bermartabat, beretika, berintegritas dan berkualitas.

"Kemarin KPU Belitung sudah menetapkan nomor urut pasangan peserta Pilkada 2024 dan tahapan kampanye juga sudah berjalan, kami berharap melalui deklarasi pemilu damai ini seluruh pasangan memiliki komitmen bersama untuk menjaga keamanan, ketertiban dan kenyamanan masyarakat selama pelaksanaan pilkada," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Belitung Rezeki Aris Munazar di Tanjungpandan, Senin.

Acara deklarasi yang bertujuan agar pelaksanaan pilkada semakin berkualitas sesuai dengan peraturan perundang-undangan tersebut juga merupakan instruksi dari Bawaslu RI bagi daerah yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

Ia mengatakan saat ini terdapat sebanyak 545 daerah yang terdiri dari 37 provinsi, 415 kabupaten, 94 kota yang menyelenggarakan pilkada serentak.

"Deklarasi Damai hari ini adalah momentum besar bagi Bawaslu Kabupaten Belitung dengan harapan masing-masing pasangan peserta Pilkada 2024 dapat melaksanakan tahapan masa kampanye dengan damai dan senantiasa menjaga kondusifitas daerah," katanya.

Selain menjaga situasi kondusif, seluruh peserta juga dapat berkampanye dengan riang dan gembira, dengan mengedepankan gagasan, ide, dan adu program.

"Mari kita tinggalkan pola kampanye yang menyebar ujaran kebencian, saling menjatuhkan, dan berita bohong. Berkampanyelah dengan gembira dengan menjual visi dan misi agar sebanyak 139.000 pemilih yang tersebar di 301 TPS di Kabupaten Belitung tertarik memilih dan menggantungkan harapan kepada pilihan masing-masing," ujarnya. 

Pilkada 2024 di Kabupaten Belitung diikuti tiga pasangan, yaitu nomor urut 1 Djoni Alamsyah-Syamsir, nomor urut 2 Isyak Meirobie-Masdar Nawawi, dan nomor urut 3 MZ Hendra Caya-Sylpana.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024