Ratusan siswa Taman Kanak-Kanak Stania mengunjungi Museum Timah Indonesia (MTI) Mentok Kabupaten, Bangka Barat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, untuk belajar sejarah pertimahan di cagar budaya tersebut.

"Kunjungan ke museum ini untuk mengenalkan kepada pelajar tentang sejarah Kota MentoK dan pertimahan," kata Kepala Sekolah TK Stania Suparningsih di Mentok Bangka Barat, Kamis.

Ia mengatakan Museum Timah Indonesia Mentok merupakan salah satu cagar budaya di Bangka Barat yang telah didirikan sejak 1915 dan menjadi sarana edukasi sejarah bagi para siswa di Provinsi Kepulauan Babel ini.

"Dengan mengenalkan benda-benda sejarah di museum yang dipandu dan dijelaskan oleh petugas museum, diharapkan anak-anak mengetahui langsung sejarah Kota Mentok dan juga sejarah tentang timah di daerah ini," ujarnya.

Menurut dia, tidak hanya para siswa tapi orang tua murid juga sangat antusias mengikuti kegiatan kunjungan ke Museum, karena bisa melihat berbagai benda bersejarah di museum ini.

Sementara itu orang tua siswa Khusnul Khotimah mengatakan dengan kunjungan ke MTI Mentok ini, bisa mengetahui tentang sejarah timah.

"Kunjungan ke museum ini sangat bagus, jadi anak-anak dan orang tua sama-sama bisa belajar tentang Timah," katanya.

Siswa TK Stania Khaira mengaku senang bisa berkunjung ke Museum Timah Indonesia karena mereka bisa melihat hal-hal baru.

"Sangat senang , bersama teman , guru, dan ibu ke museum. Banyak yang dilihat, seperti patung, Timah, pajangan lukisan dan masih banyak lagi lainnya," ucap Khaira.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024