Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Sugito menilai program ketahanan pangan di Kabupaten Bangka Tengah sudah berjalan sangat baik.

"Bangka Tengah ini salah satu kabupaten yang mampu mendorong ketahanan pangan ke tingkat yang lebih baik," kata Sugito dalam kunjungan kerjanya di Kabupaten Bangka Tengah, Kamis.

Sugito yang langsung disambut Plt Bupati Bangka Tengah Era Susanto, mengatakan program ketahanan pangan di daerah yang dijuluki "Negeri Selawang Segantang" itu mencapai 50 persen.

"Program ketahanan pangan di Bangka Tengah ini mencapai 50 persen, terus pertanian 39 persen dan perikanan 11 persen. Ruang ini bisa kita tingkatkan,” ujarnya.

Dirjen Pembangunan Desa dan Pedesaan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi itu menyebutkan, Bangka Tengah adalah salah satu kabupaten yang mampu mendorong ketahanan pangan ke tingkat yang lebih baik lagi.

"Pemerintah desa adalah penyokong pembangunan dan penghidupan dari ruang kehidupan yang ada di desa dan kelurahan untuk kemajuan suatu daerah," ujarnya.

Ia mengatakan, desa itu bukan hanya untuk tempat tinggal tapi tempat penghidupan dan perkembangan dengan baik sebagai pemanfaatan ruang yang baik.

Plt Bupati Bangka Tengah Era Susanto mengatakan, daerah itu salah satu pilot project desa maju karena ada beberapa desa mendapatkan penghargaan.

"Kunjungan Gubernur Babel ke Bangka Tengah ini sangat cocok karena membahas pemerintahan desa dan kami memang sering mendapatkan juara dalam lomba desa," ujarnya.

Ia mengatakan, sudah banyak desa yang menjadi juara di kancah nasional maupun internasional seperti Desa Namang dan Desa Perlang.

“Kami juga banyak sekali terobosan seperti aplikasi Sepakat, peningkatan kapasitas kepala desa dan transformasi pengelolaan keuangan non tunai sampai tingkat desa," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024