Siswi SMP Negeri 1 Tukak Sadai Kabupaten Bangka Selatan Bilqis Sipani Abelia berhasil meraih juara pertama lomba bertutur tingkat provinsi yang digelar Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis kemarin (3/10).

Tampil penuh percaya diri, Bilqis yang saat ini duduk di kelas 2 SMP Negeri 1 Tukak Sadai berhasil mengalahkan enam peserta lainnya dari kabupaten/kota se-Bangka Belitung.

Dengan membawakan cerita Putri Babi versi bahasa Bangka yang ditulis oleh Viska Yolensia, S.Pd (guru bahasa arab MAN Sungailiat), Bilqis berhasil meraih nilai tertinggi dari dewan juri.

Bilqis berhasil mengalahkan perwakilan dari Kabupaten Bangka Tengah Mikhaella Armelia (SMP Negeri 1 Koba) dan Kabupaten Bangka Kaysan Ahyan Fadil (SMP Negeri 2 Sungailiat) yang masing-masing meraih juara dua dan tiga.

Dengan prestasi tersebut, Bilqis yang merupakan putri dari pasangan bapak Sartono Eko Prasetiyo dan ibu Aminah berhak membawa pulang hadiah trofi berserta uang pembinaan senilai Rp5 juta.

Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Bangka Selatan, Emi Yunita di Toboali, Jumat mengaku sangat bangga dengan prestasi yang diraih oleh Bilqis pada lomba bertutur ditingkat provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

"Alhamdulillah perwakilan Kabupaten Bangka Selatan atas nama Bilqis Sipani Abelia siswi SMP Negeri 1 Tukak Sadai berhasil meraih juara pertama lomba bertutur di tingkat provinsi," katanya.

Sebelumnya, perwakilan Bangka Selatan juga berhasil meraih juara pertama lomba bertutur tingkat SD se-Bangka Belitung dan mewakili Bangka Belitung di tingkat nasional.

Ia berharap dengan prestasi yang diraih dalam lomba bertutur tingkat SD dan SMP dapat menjadi motivasi bagi anak-anak yang lainnya di Bangka Selatan untuk gemar membaca.

"Kita berharap dengan prestasi lomba bertutur tingkat SD dan SMP ini dapat meningkatkan kegemaran membaca anak-anak di Bangka Selatan," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024